Seminar Sehari WKRI Cabang Sragen

WKRIParoki Sragen (LENTERA) – WKRI Cabang Kabupaten Sragen bekerja sama dengan Tim Kerja Mitra Perempuan Kabupaten Sragen menyelenggarakan Seminar Sehari yang dilaksanakan Minggu (7/11) bertempat di Aula SMP Saverius dengan pembicara ibu Dra.Agnes Sri Hatiwi,MM yang dihadiri beliau Romo Maternus Minarto, Pr mewakili Romo Paroki dan Bp. Alb. Hanung Tri Wibowo selaku Ketua Bidang IV Dewan Paroki Sragen serta bapak – ibu perwakilan dari Lingkungan se Paroki Sragen

Pokok bahasan dalam seminar tersebut antara lain  mengenai: “Kesetaraan Gender” Kondisi dan perlakuan yang adil terhadap perempuan dan laki-laki.  Agar keadilan terhadap perempuan dan laki-laki terwujud maka diperlukan langkah-langkah untuk menghentikan hal-hal yang secara psikis, politik social budaya dll menghambat perempuan dan laki-laki untuk berperan dan menikmati hasil dari perannya itu.

Dalam hal ini diuraikan Permasalahan Gender,Pedoman Pengarus Utamaan Gender (INPRES RI No.9 tahun 2000 tanggal 19 Desember 2000 dan UU No.23 Tahun 2004 Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga )

Undang-undang Perlindungan Anak” (UU No.23 Tahun 2002) menjelas­kan segala kegiatan untuk menjamin dan melindungi anak dan hak-haknya agar tumbuh berkembang dan berpartisipasi secara optimal atau sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan serta mendapat­kan perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi. Disini pembicara menerangkan akan Hak dan Kewajiban Anak, Kewajiban dan Tanggung jawab Negara,Masyarakat dan Keluarga  dalam hal ini orang Tua terhadap Anak.

Seminar diakhiri dengan tanya jawab dari seluruh peserta yang hadir. (Panitia Seminar WKRI)