Pelatihan Para Lansia

bbbParoki Sragen (LENTERA) – Bertempat di Aula SMP Saverius Sragen, Minggu (12/12) Tim Kerja Adi Sepuh Dewan Paroki Sragen mengadakan pelatihan bagi para umat lansia (lanjut usia) dengan tema: Penyegaran Kebahagiaan dan berkelimpahan hidup. Acara tersebut menghadirkan narasumber: Maria Novi Mustikarini, SE.MSC,Cht (lebih akrab dipanggil Mbak Ivon) yang juga merupakan warga asli Sragen, putri dari Pasutri Suwarto-Prihatin dari Kebon Asri.

Sebelum acara dimulai, peserta diajak bersama-sama melaksanakan “Senam Adi Sepuh’ di halaman SMP Saverius. Usai melaksanakan senam, para peserta benar-benar sungguh merasakan kebahagiaan.

Dalam acara pelatihan ini diperkenalkan beberapa cara agar para peserta dapat mengupayakan dirinya sendiri mengelola perasaan negatif.

Ada 5 (lima) cara yaitu:

1. Afirmasi (selalu tertawa).

2. Visualisasi

3. Emotional Freedom Tehnic (EFT)

4. Neiro Ligusitik Programming (NPL)

5. Subconcius Restructuring Hynoterapy

Kemudian peserta diajak mengalami meditasi dengan cara membuang segala perasaan negatife yang dipandu dengan musik halus untuk lebih membantu meresapi segala perasaan yang terpendam dan kemudian bersama-sama melepaskan pikiran negatif dan dan menghadirkan ungkapan syukur penuh kebahagiaan. Hingga akhirnya dirasakan lengkap sudah para adi sepuh berbenah diri di usia senja, baik secara jasmani maupun rohani. (FX)