Latihan Kepemimpinan FKPK

DSC_0108Jenawi (LENTERA) – FKPK (Forum Komunikasi Pelajar Katolik) Sragen selama 2 hari, Rabu (29/12) sampai Jumat (31/12) mengadakan LKTD (Latihan Kepemimpinan Tingkat Dasar) yang dilaksanakan di Gereja Animasi Jenawi. Peserta dan Panitia berangkat dari Gereja Paroki Sragen pukul 14.00 WIB dengan menggunakan bus dan tiba di lokasi sekitar pukul 15.00 WIB..

Acara hari 1 dimulai dengan Breaking Ice agar peserta dapat beradaptasi dengan teman-teman yang lain, dilanjutkan dengan pengenalan yang diisi dengan permainan. Kemudian peserta diberi waktu untuk beristirahat, mandi dan bersiap-siap, karena akan segera dimulai sesion pertama. Peserta yang berjumlah 26 orang dibagi menjadi 4 kelompok, dengan didampingi fasilitator tiap kelompok memulai dinamika. Tidak hanya peserta namun panitia pun menjadi satu kelompok dan berdinamika bersama. Di Sesion ini, tiap orang sharing tentang pengalaman pribadi, perasaan yang dirasakan, tiap orang yang diharapkan dapat berefleksi dengan menuliskan perasaan-perasaan tersebut ke dalam catatan per­jalanan. Acara pada hari ini ditutup dengan ibadat penutup.

Acara hari ke-2 peserta dibangunkan dan melakukan Olah Raga yang dipimpin oleh Panitia. Kemudian semua peserta segera mandi dan diminta segera berkumpul di gereja dengan membawa barang-barang yang dibutuhkan selama 1 hari, karena akan memulai outbond. Setelah berjalan ± 3 km, baik peserta & panitia berhenti di sebuah SD dan kemudian melakukan permainan yang dipandu oleh mas Leo.

Setelah beberapa saat, kami disuruh kembali ke Gereja dengan mengambil beberapa buah bambu dan papan sebelum­nya. Ternyata acara di hari tersebut bukan Outbond, melainkan membuat sebuah gubuk untuk tidur. Dengan alat seadanya mereka membuat gubuk tersebut. Di sesion ini, diharapkan baik panitia, peserta maupun fasilitator dapat saling mengenal satu sama lain. Satu hari penuh peserta & panitia sibuk membuat gubuk tersebut agar tidak bermalam di Gereja. Tidak ada ibadat penutup di hari ke-2, satu hari penuh diberi waktu untuk berdinamika dan berproses bersama di dalam kelompok.

Pada hari ke -3, semua peserta bersiap-siap dan memulai acara. Sesion ini Mas Leo membuat refleksi selama hari ke-2. Peserta diharapkan dapat hidup mandiri dengan segala kekurangan yang ada selanjutnya, dilakukan suksesi dan terpilihlah 5 formatur yaitu: Wawan (Mojo); Thomas (Plumbungan Indah); Tere (Karang Tengah); Andri (Beloran); Sefran (Krapyak). Kelima formatur ini diharapkan dapat segera membentuk pengurus FKPK yang baru.

Tema yang diambil pada LKTD tahun ini “Vertikal Limat.” Diharapkan setelah mengikuti Latihan Kepemimpinan ini, peserta dapat menjadi pribadi yang mandiri. Satu pesan yang ingin disampaikan dalam LK ini: Apa yang bisa diperbuat oleh manusia, tidak akan dilakukan oleh Tuhan. Terima kasih untuk dinamika yang boleh kita rasakan selama 3 hari ini, Gusti berkahi. (FKPK)