Misa Natal Adi Sepuh

164767_1592023992744_1000220680_31290544_3263508_nParoki Sragen (LENTERA) – Bertepatan dengan Hari Raya Penampakan Tuhan Minggu (2/1) di Gereja Paroki Sragen diadakan Misa Natal Adi Sepuh. Misa dipimpin oleh Rm. Christophorus Tri Wahyono Djati Nugroho, Pr dihadiri ± 1000 umat dari berbagai usia. Namun, dari yang hadir 40 % adalah Adi sepuh.

Dalam homilinya Romo Djati menekankan bagaimana pentingnya mem­bangun dan menjaga hubungan personal dengan Tuhan lewat perjumpaan dengan sesama. Seperti halnya orang Majus dari timur yang jauh-jauh ingin mencari bertemu dengan Yesus Sang Mesias. Setelah bertemu mereka sujud menyembah-Nya dan mem­berikan persembahan kepada bayi Yesus, begitu pula kita sebagai murid-murid Yesus juga bisa menemukan Tuhan dalam kehidupan kita sehari-hari, baik lewat doa, pekerjaan dan aktifitas kita maupun lewat perjumpaan dengan orang lain. Kita diingatkan dan disadarkan pula akan keadaan kita. Karena segala sesuatu ada waktunya dan punya masanya sendiri-sendiri.

Ada masa kanak-kanak, ada masa remaja, ada masa dewasa dan juga ada masa tua (yang diilustrasikan dengan anjing, kuda dan monyet). Dikatakan juga bahwa kita mandiri tidak bisa hidup sendirian. Hidup kita bergantung kepada Allah dan kita juga membutuhkan orang lain, maka kita  diajak untuk selalu bersyukur, rela berbagi dan peduli. Ujub berbagi dan peduli  tidak harus lewat tenaga tapi juga bisa lewat doa, perhatian, pemikiran dan juga yang lain. Yang khas dari Misa adi Sepuh ini adanya penerimaan Sakramen Minyak Suci dan pemberian souvenir bagi para Adi Sepuh berupa salib. Setelah Misa selesai para Adi Sepuh disediakan minum + snack seadanya sambil ramah tamah dengan para Romo dalam acara open house.

Di waktu yang bersamaan di halaman gereja juga ada pengenalan Senam Sehat Lansia dan juga pelayanan kesehatan Posyandu Lansia. Koordinator Tim Kerja Adi sepuh Dewan Aproki Sragen, Ibu FX. Kussunartuti mengungkapkan bahwa semoga dengan kegiatan ini para adi sepuh menjadi manusia lanjut usia yang sehat jasmani dan rohani dalam hidup menggereja.(BS)