Natal Anak dan Pesta Keluarga Kudus

166514_1592021752688_1000220680_31290535_5572962_nParoki Sragen (LENTERA) – Minggu (26/12) menjadi hari yang indah untuk anak dan remaja, karena di Gereja Paroki Sragen dirayakan Pesta Keluarga Kudus dan Perayaan Natal Anak dan Remaja. Tim Kerja Pendampingan Iman Anak dan Remaja Dewan Paroki Sragen bekerjasama dengan Wilayah Yakobus Rasul Mojo, menjadi petugas liturgi dalam perayaan ekaristi ini.

Anak-anak PIA dan Calon Komuni Pertama, mempersiapkan tugas ini dengan setia berlatih selama satu bulan. Dengan iringan Ansamble keybord, di bawah asuhan Bapak Yustinus Joko Dwiwanto, anak-anak berlatih dengan gembira, meskipun hujan, mereka tetap datang.

Misa dipimpin secara konselebran oleh Romo Issri, Romo Djati dan Romo Minarto. Dalam homilinya, Romo Issri mengajak anak-anak bernyanyi bersama, lagunya: Sejuk Segar, kemudian dilanjutkan dengan mengingat kembali tujuan manusia mem­bentuk sebuah keluarga, umat diingatkan untuk saling setia terhadap pasangan dan keluarga yang di bangun, karena perkawinan merupakan sakramen yang berarti menjadi tanda dan sarana keselamatan melalui cara hidup harian yang selaras dengan kehendak Tuhan. Umat juga diajak untuk membangun niat yang baik di awal tahun yang baru ini, meneladan keluarga kudus di Nasareth yang setia dan saling mengasihi.

Setelah misa, Romo mengadakan open house untuk anak-anak. Romo Issri terkesan dengan kedatangan 2 orang anak balita putra dan putri yang menanyakan dimana kamar tidurnya Romo, setelah diajak masuk, mereka langsung naik ke tempat tidur dan tiduran di sana. Ada harapan dalam hati Romo Issri, semoga mereka dan anak- anak yang lain mau menanggapi panggilan Tuhan, menjadi pekerja di kebun anggurnya. Walaupun sederhana, kita ingin memaknai setiap peristiwa yang kita rayakan, dengan tetap menghidupi semangat Gembira, Peduli dan Berbagi.

Hatur terimakasih atas dukungan dari seluruh umat, yang melibatkan anak, remaja dan keluarga dalam perayaan Ekaristi ini. Semoga niat baik dan usaha kita dalam mendampingi perkembangan iman anak dan remaja, mendapat limpahan berkat dari Allah, Bapa kita. Amin**(Mboké PIA)