Pekan Doa Sedunia untuk Persatuan Umat Kristiani (18-25 Januari 2011)

”MEREKA BERTEKUN DALAM PENGAJARAN PARA RASUL, PERSEKUTUAN, EKARISTI DAN DOA”

(bdk Kis.2:42)

perjamuan

Pekan Doa Sedunia untuk Persatuan Umat Kristiani

(18– 25 Januari 2011)

Tanggal 18-15 Januari adalah Pekan Doa Sedunia untuk Persatuan Umat Kristiani (PDS). Doa Yesus sendiri “Semoga mereka semua menjadi satu sehingga dunia percaya” (Yoh 17:21) menjadi dasar Alkitabiah PDS ini. Tradisi ini sudah dimulai secara ekumenis sejak tahun 1908. Jadi, usia tradisi dan praktek ini sudah lebih dari satu abad.

Tema umum PDS 2011,  “Mereka bertekun dalam pengajaran para rasul, persekutuan, Ekaristi dan doa” (bdk. Kis 2:42). Tema ini dipersiapkan Dewan Kepausan untuk Kesatuan umat Kristiani (Gereja Kristen Katolik Roma) dan Komisi Iman dan Hukum Dewan Gereja-Gereja Sedunia (Gereja Kristen Protestan).

Bahan dasar yang ditawarkan untuk kita renungkan selama PDS adalah Kis 2:42-47. Dalam teks tersebut, kita diajak mengenang sejarah Gereja Perdana. Kita diundang untuk merefleksikan pengalaman Gereja Perdana dan menempatkannya dalam hidup kita masing-masing. Selama PDS, kita diajak mewartakan  dan memberi kesaksian bahwa kesatuan dalam kesetiaan pada pengajaran para rasul, persekutuan, pemecahan roti (= Ekaristi) dan doa, akan memampukan kita bersama untuk mengalahkan kejahatan dalam kehidupan kita sehari-hari.

Tahun 2011 ini, Keuskupan Agung Semarang (KAS) mengawali Arah Dasar Umat Allah (Ardas KAS) 2011-2015. Ardas KAS 2011-2015 menyadarkan akan jatidiri kita sebagai anggota persekutuan paguyuban-paguyuban murid-murid Yesus Kristus, dalam bimbingan Roh Kudus, yang berupaya menghadirkan Kerajaan Allah agar kian signifikan dan relevan bagi warganya dan masyarakat.

Dalam rangka kian relevan dan signifikan dalam kehidupan bersama itulah, kita ambil bagian, dalam gerakan ekumene PDS untuk Kesatuan Umat Kristiani, dengan merenungkan tema harian yang ditawarkan kepada umat Kristiani di seluruh dunia. Itulah sebabnya, Komisi Hubungan Antaragama dan Kepercayaan (Kom HAK) KAS menawarkan bahan sederhana ini untuk keterlibatan kita dalam PDS ini. Selama PDS 2011, kita diajak “Bertekun dalam pengajaran para rasul, persekutuan, Ekaristi dan doa”.

Seperti sudah dimulai tahun 2010 lalu, kami sangat menganjurkan bahwa doa yang kami cantumkan dalam brosur ini didaraskan umat, baik bersama-sama sebelum merayakan Ekaristi Harian di gereja-gereja atau komunitas-komunitas dan keluarga atau secara pribadi sendiri-sendiri.

Langkahnya sebagai berikut: 1. Bacalah tema umum ”Mereka bertekun dalam pengajaran para rasul, persekutuan, Ekaristi dan doa” (bdk. Kis 2:42).  2. Sesuai dengan harinya, bacalah tema harian dan renungkanlah pertanyaan reflektif. 3. Daraskanlah Doa Untuk Persatuan Umat Kristen (Puji Syukur No. 177).

Sangat dianjurkan juga, paroki-paroki mengadakan gerakan doa bersama dengan Gereja Kristen Protestan terdekat, terutama dalam rangka penutupan PDS, 25 Jan 2011.

Kami juga menyerukan dan berharap bahwa hari Minggu, 23 Januari 2011, kita hayati sebagai Hari Minggu HAK-KAS yang ditandai gerakan ekologis, misalnya, kerja bakti menanam pohon atau menata lingkungan sekitar secara lintas iman di tingkat paroki. Selamat berdoa!

Berkah Dalem!

Semarang, 1 Januari 2011,

Aloys Budi Purnomo Pr

Ketua Kom HAK-KAS

PEKAN DOA SEDUNIA UNTUK PERSATUAN UMAT KRISTIANI

(18– 25 Januari 2011)

Tema Harian

Hari 1: Gereja di Yerusalem
Gereja Yerusalem bersaksi tentang kebenaran dan keadilan, dalam kesatuan sebagai anggota Tubuh Kristus. Bagaimana kita saat ini?

Hari 2: Banyak anggota, satu tubuh
Gereja Perdana terdiri dari berbagai keragaman. Umat Kristiani juga terdiri dari keragaman yang memperkaya. Bagaimana upaya kita merangkul keragaman demi kesatuan?

Hari 3: Setia pada pengajaran rasul
Unsur paling esensial kesatuan ialah Sabda Allah yang diwariskan melalui pengajaran para rasul. Bagaimana kita setia pada ajaran tersebut dalam iman akan Gereja yang satu?

Hari 4: Semangat berbagi
Gereja Perdana di Yerusalem mengembangkan semangat berbagi dengan sukacita dan murah hati, dan tidak seorang pun berkekurangan. Bagaimana dengan kita?

Hari 5: Ekaristi dalam harapan
“Memecah roti” (= Ekaristi) mempersatukan kita dalam pengharapan, baik secara personal maupun dalam keseluruhan. Bagaimana kita memiliki kekuatan untuk memperjuangkan keadilan dan damai yang bersumber dari Ekaristi?

Hari 6: Kekuatan doa
Gereja Perdana di Yerusalem bertekun dalam doa. Doa yang diajarkan Kristus mendorong kita berjuang menegakkan keadilan, damai dan persatuan sebagai tanda kehadiran Kerajaan Allah di tengah-tengah kita. Pada hari ini, Kom HAK KAS menyerukan hari Minggu dalam PDS sebagai Hari Minggu HAK-KAS. Sudahkah kita tahu dan sadar pentingnya merajut dialog dan kerjasama dengan umat beriman lain, misalnya, melalui dialog karya yang memberi perhatian keutuhan ciptaan? Bagaimana mewujudkannya?

Hari 7
: Hidup dalam iman kebangkitan
Kita diundang untuk mewartakan kebangkitan Kristus dengan penuh sukacita walau harus menanggung penderitaan Salib. Apakah kebangkitan Kristus menjadi pengharapan dan kekuatan yang memampukan kita bersaksi tanpa takut, berkarya demi kemerdekaan dan damai?

Hari 8: Panggilan untuk rekonsiliasi
Kesaksian Gereja Perdana ditandai pelayanan rekonsiliasi. Demi kesatuan dan persatuan umat Kristiani, apakah kita dengan rendah hati rela saling mengampuni?

Doa Untuk Persatuan Umat Kristen (PS 177)

Bapa yang maha pengasih dan penyayang, menjelang akhir hidup-Nya, Yesus berdoa bagi para murid-Nya, “Semoga mereka semua bersatu, seperti Engkau, ya Bapa, ada dalam Aku dan Aku dalam Dikau; supaya mereka juga bersatu dalam Kita, agar dunia ini percaya bahwa Engkau mengutus Aku.”

Maka kami mohon ya Bapa: semoga semua orang Kristen bersatu padu dan giat mengusahakan kesatuan. Semoga seluruh pemimpin umat-Mu semakin menyadari perlunya kesatuan. Musnahkanlah sandungan akibat perpecahan umat Kristen. Semoga persatuan umat Kristen merupakan sumber perdamaian, dan tanda kasih Kristus bagi seluruh umat manusia.

Bapa, Tuhan Yesus Kristus telah bersabda kepada para rasul, “Damai Kutinggalkan bagimu, damai-Ku Kuberikan kepadamu”: Janganlah Kaupandang dosa-dosa kami, melainkan kepercayaan umat-Mu, dan berikanlah damai serta persatuan kepada kami sesuai dengan kehendak-Mu. Pandanglah kawanan domba Yesus. Semoga semua, yang telah dikuduskan oleh satu pembaptisan, dipererat pula oleh persatuan iman dan ikatan kasih. Buatlah kami semua menjadi satu kawanan dengan Yesus sendiri sebagai satu-satunya Gembala, yang hidup dan berkuasa bersama Engkau dalam persekutuan Roh Kudus, sepanjang segala abad. Amin

Dikeluarkan oleh Komisi HAK – KAS
(Bahan ini boleh diperbanyak sendiri sesuai kebutuhan!)