Konsientisasi Pendataan Umat Keuskupan Agung Semarang

Foto0295_resizeParoki Sragen (LENTERA) – Dalam Temu Pastoral Januari 2011, Tim Data KAS (Keuskupan Agung Semarang) menyampai­kan bahwa pada tahun 2011 ini seluruh paroki di wilayah Keuskupan Agung Semarang akan menyelenggarakan Konsien­tasi pendataan umat secara serempak mulai bulan Maret.

Pendataan yang dimaksudkan menyangkut diri seluruh umat di KAS yang akan didata per kepala keluarga dengan menggunakan basis pendataan lingkungan dan paroki. Data yang terkumpul akan dihimpun dalam tingkat-tingkat teritorial: lingkungan – stasi/paroki-kevikepan dan keuskupan. Selanjutnya data akan dikelola dan di-update setiap kali sehingga menjadi data kontinyu (time series data) yang dapat dibaca dan digunakan untuk berbagai keperluan khususnya dalam proses pengambilan keputusan dalam rangka penegasan bersama.

Untuk melaksanakan kerja besar secara serempak tersebut perlu dukungan kerjasama dari segenap pihak dari para petugas pendataan di lingkungan-lingkungan, perekap data di tingkat paroki, peng­organisasian pelaksanaan di tingkat paroki dan kevikepan dan dorongan pe­rgerakan di tingkat keuskupan.

Berkaitan dengan hal tersebut Tim Pendataan Paroki Sragen juga telah mengikuti pertemuan  Tim Litbang Paroki tingkat Kevikepan Surakarta selama dua hari (14-15/02) di Panti Semedi Sangkal Putung Klaten. Dan untuk menindaklanjuti hasil rapat tersebut maka Tim Pendataan Paroki Sragen menyampaikan sosialisasi pendataan ini bersamaan dengan Rapat Pleno Dewan Paroki Sragen, Minggu (20/02) di Aula SMP Saverius Sragen yang juga dihadiri oleh para Ketua lingkungan dan Ketua Wilayah se-Paroki Sragen.

Bp. Agus Suekantoro, Tim Kerja Pendataan Paroki Sragen mengungkapkan bahwa pendataan kali ini berbeda dengan yang sudah dilaksanakan sebelumnya, karena akan dilaksanakan lebih mendalam dengan menunjuk petugas khusus untuk mencatat dan wawancara langsung setiap KK umat di rumah masing-masing, sehingga keakuratan data bisa dimaksimalkan.

Untuk menyukseskan Tim pendataan ini akan ada menjadi 3: yakni Tim Pengumpul Data, Tim Verifikasi Data dan Tim Entry Data. Untuk Tim Pengumpul Data, tiap lingkungan diwajibkan mengirim­kan wakilnya 1/ 2 orang yang ditunjuk untuk menjadi petugas pendataan yang mengum­pul­­kan data setiap KK di lingkungan­­nya. Selanjutnya Petugas yang ditunjuk tersebut diwajibkan mengikuti Pelatihan Khusus bersama Tim Pendataan Keuskupan Agung Semarang, Minggu, (13/03) di Aula SMP Saverius.

Perlu ditegaskan bahwa yang boleh melakukan pendataan umat adalah Petugas yang sudah mengikuti Pelatihan dan memiliki SK khusus dari Paroki. Mereka yang tidak mengikuti pelatihan tidak diperkenankan melakukan pendataan. Jika ada lingkungan yang tidak mengirimkan wakilnya & tidak ikut pelatihan, maka Pendataan akan dilaksanakan oleh Petugas dari lingkungan lainnya yang sudah mengikuti pelatihan.

Untuk mengawali pendataan ini, tiap lingkungan diwajibkan melaporkan data KK di lingkungannya masing-masing untuk memetakan pendataan dan dikumpulkan paling lambat tgl 13 Maret. Guna mendukung program ini, setiap umat juga dimohon sudah memiliki & menunjukkan Surat Baptis dan Surat Nikah (bagi yg sudah menikah) kepada Petugas Pendataan saat dilakukan pendataan di rumah-rumah

Sedangkan  Tim kedua adalah Tim Verifikasi Data. Tugas mereka adalah menerima dan memverifikasi semua data yang masuk dari Tim Pengumpul Data, mengecek dan memastikan kebenaran serta keakuratan data yang masuk. Setelah selesai, maka hasil olahan data tersebut akan diserahkan ke Tim Entry Data yang bertugas memasukkan/mengentry data ke software pendataan di komputer. Dalam hal ini Tim Verifikasi Data & Tim Entry Data harus saling berkomunikasi dan bekerjasama dengan teliti.

Jika semua sudah selesai, hasil olahan pendataan  akan diseminarkan dan dibuat menjadi buku profil paroki. Selanjutnya akan dikirimkan ke Tim Pendataan Kevikepan Surakarta dan kemudian dilaporkan ke Tim Pendataan Keuskupan Agung Semarang.(dn)

AGENDA KONSIENTISASI PENDATAAN UMAT 2011

PAROKI SANTA PERAWAN MARIA DI FATIMA SRAGEN

20 Februari 2011 Rapat Pleno – Sosialisasi kpd Ketua2 Lingkungan
13 Maret 2011 Pendaftaran Petugas Pengumpul Data

Pengumpulan KK Katolik dari semua lingkungan

20 Maret 2011 Pertemuan semua Tim (Tim Pengumpul Data, Tim Verifikasi  & Tim Entry Data)
27 Maret 2011 Pelatihan Tim Pengumpul Data

(63 orang utusan dari lingkungan)

01 April s/d 30 April 2011 Pelaksanaan Pendataan KK dilakukan Petugas Pengumpul Data di lingkungan
April 2011 Pelatihan Tim Verifikasi & Tim Entri Data
1 Mei s/d 07 Mei 2011 Verifikasi Data oleh Tim Verifiikasi
08 Mei 2011 Pertemuan Bersama semua Tim Pendataan

(Tim Pengumpul Data, Tim Verifikasi Data & Tim Entry Data)

09 Mei s/d 30 Mei 2011 Pengolahan data oleh Tim Entry Data di Komputer
Juni 2011 Hasil Pengolahan data di kirim ke Tim Pendataan Kevikepan Surakarta
Juli 2011 Rapat Pleno Dewan Paroki digunakan untuk Seminar Pendataan
Agustus 2011 Pembuatan Buku Profil Paroki
September 2011 Buku Profil Paroki  sudah jadi