Komunitas Rosario Pertobatan

Oleh: C. Dwi Atmadi

rosario-mariaApa dan Bagaimana Kerasulan Doa Rosario Pertobatan. Salah satu pesan penting Maria pada berbagai kesempatan penampakan diri Maria adalah tentang berdoa Rosario. Selain berdoa Rosario untuk perdamaian dunia dan Rosario bagi Keluarga, adalah terutama berdoa Rosario untuk pertobatan orang-orang berdosa. Doa itu termasuk Doa Rosario Santa Perawan Maria untuk Pertobatan, bila didoakan dengan penuh iman dan penyerahan diri seperti sikap Maria (bdk. Lukas 1: 38), maka doa itu pasti akan dapat mengubah manusia, menyembuhkan dan menyelamatkan.

oa dengan sikap penyerahan diri seperti itu akan membantu kita sampai pada Hidup Sejati Dalam Allah, bila kita diajak untuk berdoa bagi pertobatan orang-orang berdosa, itu berarti kita berdoa pertama-tama untuk diri kita sendiri yang adalah juga orang-orang berdosa agar kita mampu memperbarui hidup kita dan bertobat, dan yang kedua kita berdoa untuk orang-orang berdosa lainnya supaya bertobat dan kembali kepada Allah.

Berdoa Rosario untuk pertobatan orang-orang berdosa hendaknya menjadi ujud yang tetap dan utama dalam setiap kesempatan berdoa Rosario baik secara pribadi maupun dalam keluarga ataupun dalam kelompok dan komunitas. Bila dipandang perlu, rumusan khusus tentang Doa Rosario Pertobatan yang disertai dengan permenungan khusus tentang misteri-misteri kehidupan Yesus, yang didoakan denga cara meditatif, dan telah banyak dipraktekkan oleh berbagai komunitas religius dan awam dapat pula dianjurkan dan digunakan untuk ini.

Hikmah Rosario

Adalah suatu kesempatan yang baik dan istimewa manakala kita dapat berdoa Rosario untuk pertobatan orang berdosa dan untuk penghapusan siksa dosa, pada kesempatan Adorasi Sakramen Mahakudus. Paus Pius XI pada tahun 1938, telah memberikan suatu indulgensi penuh kepada umat yang berdoa Rosario secara meditatif di hadapan Sakramen Mahakudus (buku: Rosario <Sejarah dan Misteri Kuasanya- 2000) dalam setiap kali berdoa Rosario memasukkan ujud khusus ini. ”Rosario Bagi Pertobatan Orang Berdosa.” Jadikanlah Rosario Pertobatan sebagai gerakan bersama umat Katolik pencinta Rosario di mana saja. Motto Komunitas: ”TIADA HARI TANPA ROSARIO PERTOBATAN.”

Siapa Komunitas Rosario Pertobatan ?

… lalu berkatalah kepadanya: ”Ikutilah Aku.” Maka berdirilah Matius lalu mengikuti Dia, kemudian ketika Yesus makan di rumah Matius, datanglah banyak pemungut cukai dan orang berdosa dan mereka makan bersama-sama dengan Yesus dan murid-murid-Nya, Pada waktu orang-orang Farisi melihat hal itu, berkatalah mereka kepada murid-murid Yesus: ”Mengapa Gurumu makan bersama-sama dengan para pemungut cukai dan orang berdosa? Yesus mendengarnya dan berkata: ”Bukan orang sehat yang memerlukan tabib, tetapi orang sakit. Jadi pergilah dan pelajarilah arti firman ini. Yang Kukehendaki ialah belas kasihan dan bukan persembahan, karena Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, melainkan orang berdosa (Matius 9-13).

”Marilah kepada-Ku, semua yang letih dan berbeban berat, Aku akan memberikan kelegaan kepadamu. Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah-lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan. Sebab Kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Ku pun ringan.” (Matius 11: 28-30)

Jadi kita semua yang merasa diri orang berdosa, sebagai pengikut Yesus, dapat menjadi anggota Komunitas Rosario pertobatan. Dianjurkan bagi kta semua untuk mengikuti Misa Jum’at Petama, berpantang setiap hari Rabu dan Jum’at untuk mengenang Hari Rabu Abu dan Jum’at Agung.***