Anak dan Remaja Sragen Peduli Lingkungan Hidup

penghijauanJambangan (LENTERA) – Sesuai dengan Program Kerja Program Dewan Paroki Sragen, Tim Kerja PIA berjejaring dengan Tim Kerja PSE, Minggu (15/5) mengadakan kunjungan ke Kapel  Jambangan, Wilayah Kedawung, dengan bakti sosial penghijauan. Ada aneka tanaman buah, seperti sirsak, nangka, rambutan, markisa, jambu, dan lain-lain.

Kunjungan kali ini diikuti oleh kurang lebih 200-an umat, yang terdiri dari anak- anak PIA, PIR dan umat lingkungan Kerjo dan Jambangan, serta orangtua dan pemerhati anak. Kegiatan ini bersamaan dengan Hari Minggu Panggilan, maka Bruder dan Suster ikut serta dalam kunjungan ini. Ada 2 Suster dari kongregasi PMY ( Putri Maria Yosep), dan 2 Bruder BM ( Budi Mulia ) yang menemani anak-anak.

Dalam sharingnya,  para suster dan bruder bercerita tentang awal mula mereka terpanggil untuk hidup membiara. Ceritanya sungguh sangat menarik, sederhana dan dalam bahasa yang dapat dimengerti oleh anak-anak. Misa yang dipimpin oleh Romo Djati pun menjadi tidak membosankan, meskipun dimulai pk. 11.30 WIB. Sebelum misa, anak-anak sudah menanam 5 macam bibit buah-buahan maka selesai misa, langsung makan siang bersama. Kebiasaan berbagi, tetap menjadi ciri khas anak- anak PIAR. Walaupun sederhana namun dimaknai dengan sukacita, membuat kegiatan ini semakin di rindukan. Ada banyak anak yang tertarik dan bercita- cita menjadi suster dan rama, tetapi tidak ada yang ingin jadi bruder, karena memang mereka belum dapat membedakan antara Rama dan Bruder .

Menjadi tugas kita bersama, untuk mengenalkan aneka bentuk pilihan hidup bakti, kepada anak-anak dan remaja, agar tumbuhlah benih- benih panggilan dalam hati mereka, sehingga semakin banyak yang menanggapi panggilan untuk menjadi pekerja di kebun anggur Tuhan.

Rencana ke depan, masih ada beberapa kali kunjungan lagi ke lingkungan- lingkungan, kalau ada lingkungan yang berminat untuk dikunjungi, silahkan menghubungi Tim Kerja PIA Paroki Sragen, supaya ada komunikasi yang baik dan terjalin kerjasama lintas bidang dengan umat di lingkungan, sehingga usaha dan niat baik kita untuk mendampingi anak-anak  dan remaja, dalam perkembangan iman, melibatkan seluruh umat.

Hatur terimakasih kepada umat di lingkungan Jambangan, Kerjo, Wilayah Kedawung, para Bruder dan Suster, Rama dan seluruh umat yang ikut mendukung terlaksananya program kerja dewan paroki terutama bidang Pewartaan. Masih ada banyak kegiatan lain yang juga perlu dukungan kerjasama dan keterlibatan umat. Tuhan memberkati. Amin. (Mboké PIA