Kongres Ekaristi II Keuskupan Agung Semarang 2012 akan dilaksanakan di Ganjuran

GanjuranGanjuran – Untuk yang kedua kalinya, Keuskupan Agung Semarang akan menggelar Kongres Ekaristi, setelah tahun 2008 lalu sukses menggelar Kongres Ekaristi I Keuskupan Agung Semarang di Gua Maria Kerep Ambarawa, dengan tema “Ekaristi: Berbagi Lima Roti dan Dua Ikan”

Untuk Kongres Ekaristi II Keuskupan Agung Semarang (KEK II) ini rencananya akan dilaksanakan pada tanggal  22-24 Juni 2012 di Ganjuran dan paroki-paroki tetangga.  Gerakan Kongres Ekaristi II Keuskupan Agung Semarang kini sudah mulai terasa setelah

Minggu (26/06) dalam ekaristi yang bertepatan dengan Hari Raya Tubuh dan Darah Kristus di Gereja Hati Kudus Tuhan Yesus Ganjuran, Bantul dijadikan kesempatan untuk menyampaikan secara resmi Kongres Ekaristi Keuskupan II. Perayaan ekaristi secara konselebrasi dipimpin oleh Uskup KAS, Mgr. Johannes Pujasumarta yang didampingi oleh Romo Jarot Kusno, Pr dan Romo Em. Martasudjita, Pr.

Pada kesempatan itu juga ada Pelantikan Panitia Kongres Ekaristi II Keuskupan Agung Semarang yang akan mendukung dan mensukseskan even tersebut. Persiapan sebelumnya sudah dimulai ketika Dewan Inti Komisi Liturgi KAS membentuk Panitia Embrio untuk mematangkan tema KEK II KAS. Panitia Embrional ini mulai bergerak dan mengadakan berbagai diskusi hingga akhirnya terbentuklah sebuah kepanitiaan KEK II.  Hasil kerja keras Panitia Embrional ini akhirnya dilantik secara resmi pada hari Minggu (26/06) di Gereja Hati Kudus Yesus Ganjuran..

Pelantikan ini dipimpin langsung oleh Mgr Yohanes Pujasumarta dengan didampingi oleh Romo Pius Riana Prabdi (Vikjen KAS)’ dan Romo E. Martasudjita (Dewan Penasehat KomLit KAS). Dalam kotbahnya, Romo Marta mengajak seluruh Panitia untuk semakin mendalami dan menyelami Ekaristi, secara khusus Adorasi Ekaristi. Ketekunan dan pengenalan yang mendalam atasnya akan membawa masing-masing individu pada perubahan signifikan dalam hidup. Romo Marta juga  menguraikan SPIRITUALITAS KONGRES EKARISTI, Menuju KEK II, dengan tema EKARISTI: TINGGAL DALAM KRISTUS DAN BERBUAH (Yoh 15:1-17). Pada kesempatan homili tersebut, Uskup Agung Semarang, Mgr Pujasumarta menceritakan kisah induk pelican yang membiarkan anak-anak makan tubuh dan minum darahnya, sebagaimana digambarkan pada kepala tongkat pastoral Uskup KAS.

Dengan adanya pelantikan Panitia KEK II ini, kerja panitia embrional langsung diteruskan dan diambilalih oleh panitia. Pelaksanaan KEK II memang masih akan terjadi tahun depan, namun persiapan yang semakin lama tentu akan menghasilkan gerakan yang semakin matang dan berdaya guna bagi perkembagnan iman umat.

Setelah homili, akhirnya diresmikan Panitia KEK II KAS, agar dengan berkat Tuhan Panitia dapat menunaikan tugasnya dengan penuh iman, harapan dan kasih. Diresmikan pula kepengurusan Koordinasi Adorasi Ekaristi Abadi Hati Kudus Tuhan Yesus, Ganjuran.

Ada 3 paroki yang akan dilibatkan dalam KEK II ini, yaitu Paroki Ganjuran sebagai pusat kegiatan, Paroki Pugeran (Anak dan remaja) dan Paroki Bantul (Kaum Muda). Penyebaran lokasi ini dimaksudkan untuk semakin melibatkan umat dalam pelaksanaan KEK II ini sekaligus menajdi sarana bagi peserta untuk semakin mengakarkan pengalaman tinggal bagi para peserta.

Dalam Perayaan Ekaristi ini, diberkati pula Kapel Adorasi Abadi yang terletak disamping gereja, di antara Gereja dan Candi Hati Kudus Yesus Ganjuran. Pemberkatan Kapel Adorasi ini dapat menjadi momentum bagi umat untuk terus mendalami spiritualitas Ekaristi supaya semakin menghasilkan buah nyata dalam kehidupan.***

Sumber:

http://pujasumarta.multiply.com/journal/item/360

http://kongres-ekaristi.org/berita2.php?id=49

Foto: Aurelia Theresia Whydhyarty