Rekoleksi Remaja Katolik

281784_1966354470772_1000220680_31741463_1301205_nJenawi (LENTERA) – Dengan berakhirnya masa kepengurusan REKAT (Remaja Katolik) Paroki Sragen angkatan 03, REKAT mengadakan agenda rutin untuk Re-organisasi berupa Rekoleksi Remaja Katolik yang dilaksanakan mulai Jumat (17/06) sampai Minggu (19/06) bertempat di Gereja Animasi Jenawi.

Rekoleksi Remaja ini mengambil tema PEMBERIAN DIRI, dengan meneladan kisah hidup St. Dominikus Savio yang menjadi santo pelindung REKAT. Rekoleksi ini diikuti oleh lebih dari 45 remaja dari berbagai lingkungan.

Kegiatan selama 3 hari ini dibuat sangat menyenangkan dan berkesan. Dari hari pertama para peserta diajak untuk berkenalan lebih dekat dengan setiap pribadi dan diajak untuk bisa sharing pengalaman.

Pada hari kedua para peserta diajak out bound di Alas Karet belakang Gereja. Selama Out Bound para peserta dikenalkan pada sosok St. Dominikus Savio, yang punya motivasi “Saya tidak mampu melakukan hal-hal besar, tetapi saya mau melakukan segala sesuatu, bahkan hal-hal remeh sekalipun demi kemuliaan Tuhan”.

Ada 5 permainan yang dilakukan oleh para peserta. Permainan pertama debat antar peserta, yang mengambil kisah St. Dominikus Savio yang kritis. Permainan kedua peserta diajak untuk dapat mendengarkan orang lain bercerita dengan mendengarkan presentasi teman yang lain. Pada pos ketiga ada permainan makan kerupuk dan peserta harus mau memberikan diri untuk membantu kelompok meng­habiskan kerupuk yang sudah disusun oleh fasilitator dengan ketinggian yang berbeda. Yang keempat peserta diajak untuk mau berusaha dengan membangun miniatur rumah dengan bahan sedotan plastik. Selain itu peserta juga diberi pilihan alat untuk membuat bangunan tersebut. Hal ini dimaksudkan supaya peserta mampu menentukan pilihan hidupnya. Terakhir ada permainan lempar air, supaya peserta mampu menghargai kesempatan.

Para peserta sangat gembira selama out bound. Saat istirahat para peserta disuguhkan kekocakan para Fasilitator hingga membuat para peserta tambah semangat. Sore harinya peserta diajak kembali ke gereja dengan berjalan melewati sungai disebelah gereja. Betapa senangnya ada yang bermain air hingga basah kuyup.

Malam harinya para peserta diajak untuk sharing pengalaman sehari tadi dan akhirnya ditutup dengan doa yang menyatukan semua dinamika selama di jenawi.

Hari ketiga dilakukan pemilihan formatur yang nantinya dapat menyusun kepengurusan REKAT tahun 2011- 2012. Enam formatur yang terpilih adalah Bima (Margo Asri), Yoga (Masaran), Dili (Puro Asri), Vero (Candi), Desta (Teguhan), dan Pingkan (Nguwer). Selain itu juga dibentuk kelompok minat dan bakat seperti kelompok basket, futsal, musik, teater, dan sepeda. Semoga REKAT mampu meneladan Santo  Dominikus Savio dan mampu menerapkan­nya dalam kehidupan harian.(OMK)