Sosialisasi Penggunaan Dana APP

jjjParoki Sragen (LENTERA) – Dalam rangka pelaksanaan program kerja, Tim APP (Aksi Puasa Pembangunan) Paroki sragen mengadakan pertemuan Minggu (07/08) bertempat di ruang kegiatan Paroki. Tim Kerja APP mengundang para Ketua Lingkungan dan Pengurus PSE lingkungan untuk memaparkan penggunaan dana APP. Diawali pengarahan oleh Romo Paroki Sragen, Romo Lambertus Issri Purnomo Murtynato, Pr dan dilanjutkan pemaparan tahapan yang sudah dilakukan Tim Kerja APP, yaitu Bp. FX Siswanto yang dilanjutkan dengan tanya-jawab dengan peserta pertemuan.

Dalam pemaparan porgram kerja disebutkan bahwa bidang yang akan mendapat bantuan berdasarkan alokasi dana yang ada, dengan rincian: Living: 20%, Usaha: 25%, Kesehatan: 25%, Pendidikan dan bantuan lain:P 30%. Adapun bantuan yang sudah berjalan adalah:  Biaya Living Rp 100.000,- per bulan; Orang sakit yang dirawat di rumah Rp 100.000,-; Orang sakit yang dirawat di rumah sakit Rp. 200.000,-; Serta Bantuan Dana Operasi termasuk caesar Rp 500.000,-.

Selain itu juga ada bantuan Bedah Rumah  Rp. 1.500.000,- s/d Rp 2.000.000,- dan Bantuan Modal Usaha dalam bentuk barang seharga Rp 500.000,-.

Dalam sesi tanya-jawab, ada peserta yang bertanya tentang besarnya dana untuk peningkatan ketrampilan / pemberdayaan umat, misalnya usaha perbengkelan, pertanian, peternakan, pembuatan pupuk dan lain-lain. Semua usulan ditampung, akan tetapi mengingat dana masih terbatas, akan dipertimbangkan dalam program APP mendatang.

Sebelum acara sosialisasi ditutup, Romo Ari memberikan pemaparan tentang Aksi Sosial Gereja. Kegiatan yang dilakukan oleh Tim Kerja APP sudah termasuk dalam Aksi Sosial Gereja, maka diharapkan untuk masa yang akan datang aksi itu lebih ditingkatkan lagi.

Akhirnya pertemuan ditutup dengandoa dan berkat oleh Romo Issri. Semoga pertemuan ini memberikan wawasan baru serta mengajak seluruh umat agar lebih terlibat dalam kegiatan sejenis dan selalu memperhatikan lingkungan sekitar. (AAT)