Misa Pisah Sambut Romo Paroki Sragen

pisah sabutParoki Sragen (LENTERA) – Tahun ini Romo Paroki Santa Perawan Maria di Fatima Sragen mengalami pergantian, tak hanya Pastor Kepala tetapi juga Pastor Pembantu. Sudah menjadi tugas seorang imam, selalu selalu siap bertugas melayani umat dimanapun berada sesuai dengan yang diamanatkan oleh Bapa Uskup selaku pimpinan tertinggi di Keuskupan Agung Semarang.

Tak terasa sudah 3 tahun, Romo Lambertus Issri PurnomoMurtyanto, Pr menjabat sebagai Pastor Kepala dan Ketua PGPM Paroki Santa Perawan Maria di Fatima Sragen. Banyak warna dan kenangan indah yang ditorehkan beliau diberbagai bidang selama melayani umat Paroki Sragen. Begitu juga dengan Romo Christophorus Tri Wahyono Djati Nugroho, Pr yang sudah 2 tahun melayani umat di Sragen sebagai Pastor pembantu. Kini tiba saatnya mereka berdua berpindah tugas ke tempat yang baru. Sesuai dengan Surat Tugas dari Keuskupan Agung Semarang, Romo Issri berpindah tugas ke Paroki Santa Theresia Salam, Magelang. Sedangkan Romo Djati pindah tugas ke Paroki Administratif Santo Yusuf Bandung, Gunungkidul, Yogyakarta.

Sebagai penggantinya, Bapa Uskup telah menunjuk Romo Robertus Hardiyanta, Pr (sebelumnya bertugas di Paroki Santa Maria Kartasura) untuk menjabat sebagai Pastor Kepala & Ketua PGPM Paroki Sragen yang baru. Sedangkan Pastor Pembantu yang baru adalah Romo Yohanes Ari Purnomo, Pr  (sebelumnya tugas Study S2 dan tinggal di Seminari Mertoyudan Magelang).

Misa Pisah Sambut Romo Paroki Sragen, Kamis (27/08) di Gereja Katolik Santa Perawan Maria di Fatima Sragen dihadiri umat yang memenuhi Gereja Paroki Sragen. Misa tersebut dipimpin konselebrasi para Romo baik yang akan meninggalkan Sragen, maupun  para Romo yang akan menjalankan tugas di Paroki Sragen. Misa ini juga dihadiri rombongan umat dari Paroki Kartasura yang ikut menghantar Romo Hardiyanta ke Sragen.

Romo Djati pada kesempatan tersebut mohon  pamit dan mengucapkan terima kasih kepada umat Paroki Sragen atas kebersamaan dan segala pengalaman yang diperoleh  selama 2 tahun di Sragen yang membuatnya semakin berkembang  dan mantap dalam panggilan imamat. Beliau juga menyampai­kan mohon maaf jika masih ada kekurangan dan kesalahan selama bertugas di Paroki Sragen

Sedangkan Romo Issri juga mengungkapkan rasa terima kasih kepada umat paroki Sragen yang sungguh-sungguh memberi pelalajaran hidup dalam menjalankan tugas yang diberikan Bapa Uskup di Paroki Sragen. Hal ini adalah bagian hidup yang dijalaninya dalam panggilan imamat dan semakin memantap­kan diri menjadi sosok imam seturut kehendak Tuhan dan akan masih berjalan dalam pencarian menjadi imam yang sungguh-sungguh.. Romo Issri juga mohon maaf dan menyadari selama bertugas di Paroki Sragen juga masih ada kelemahan.

Romo Ari, Romo pembantu yang baru di Sragen mengungkapkan bahwa menjadi Romo yang paling muda diantara para Romo yang hadir, membuatnya semakin tertantang untuk berkembang. Tugas di Sragen merupakan pengalaman pertama kali di paroki, karena sebelumnya sesudah ditahbiskan 2 tahun lalu, ia langsung ditugaskan melanjutkan study S2 dan baru sekarang bertugas di paroki. Romo Ari menyatakan siap menjalankan segala tugas yang diberikan oleh Bapa uskup dan Romo Kepala karena ia ingin menjadi Romo yang optimal melayani umat.

Pastor Kepala Paroki Sragen yang baru, Romo Hardiyanta merasa bersyukur karena akan didampingi partner seorang Romo muda yang tentunya lebih energik dan bersemangat. Tak lupa Romo Hardi kulonuwun kepada umat Sragen sebelum melaksanakan tugas di Sragen. Romo Hardi baru saja merayakan Ulang Tahun Imamat yang ke 25 tahun dan di usia yang semakin tua, ia tetap optimis dan bersyukur. Semoga dengan bekerjasama dengan Romo muda menjadi sebuah kerjasama yang baik, bersama-sama membangun kehidupan beriman di paroki Sragen seiring dengan Arah Dasar kesukupan Agung Semarang yang relevan dan signifikan.

Acara Serah Terima Jabatan Pastor Kepala Paroki Sragen Selasa (27/09) dari Romo Lambertus Issri Purnomo Murtyanto, Pr kepada Romo Robertus Hardiyanta, Pr dihadiri Romo Yohanes Rohmadi Mulyono, MSF (Sekretaris Keuskupan Agung Semarang) yang juga ikut menandatangani Berita Acara Serah Terima Pastor Kepala Paroki Sragen.  Penandatanganan Berita Acara ini juga dihadiri dan disaksikan oleh para pengurus Dewan Paroki Sragen, para Ketua Wilayah dan Ketua lingkungan se-Paroki Sragen. (dn)