Misa Raya Pelajar Katolik se-Kabupaten Sragen

mispelParoki Sragen (LENTERA) – Sesuai dengan Program Kerja FKPK (Forum Komunikasi Pelajar Katolik),  Jumat (23/9) diadakan Misa Raya Pelajar yang mengusung tema “Kesadaran Iman Menumbuhkan Keterlibatan”.

Misa yang dimulai pada pukul 10.00 dihadiri sekitar 500 pelajar serta guru- guru agama dan guru-guru Katolik se-Kabupaten Sragen dari berbagai tingkatan mulai dari TK/SD/SMP/SMA/SMK. Walaupun dengan persiapan yang terkesan terburu-buru tapi akhirnya dapat membuahkan hasil juga.

Misa dipimpin oleh Rm. Yohanes Ari Purnomo, Pr  dikemas dengan sangat menarik yaitu dengan pertunjukan teater yang menyoroti  tentang kondisi kaum muda yang terlalu mementingkan  dirinya dan hal-hal duniawi, juga perenungan tentang seorang anak kecil bernama sinar yang harus merawat ibunya yang lumpuh sedangkan dia sendiri yang harus sekolah.

Romo Ari berpesan agar kita bisa menjadi sinar-sinar yang akan selalu bersinar di tantangan zaman yang sulit ini, dan godaan-godaan yang selalu muncul pada diri kita  agar kita juga bisa berperan dan mau  untuk ambil bagian dalam mewartakan kabar keselamatan Allah, tidak harus dengan hal-hal yang besar tapi lewat hidup keseharian kita yang seharusnya mencerminkan bahwa kita akan melakukan hal seremeh apapun tapi itu demi kemuliaan Tuhan.

Setelah misa berakhir acara masih dilanjutkan dengan acara PENSI (Pentas Seni) dari berbagai sekolah-sekolah tersebut. Tapi sangat disayangkan saat pensi berlangsung tidak semua yang hadir dalam misa bisa menonton atau mengikuti acara pensi, karena hari yang sudah semakin siang.

Acara pentas seni diawali dari pihak panitia dan selanjutnya yang memeriahkan adalah SD 8, SMP Saverius, SMP 1, SMP 2, SMP 5, SMA Saverius, SMA 3 dan SMA 1. Pentas seni kebanyakan diisi dengan vokal grup atau solo vokal, tapi ada juga yang membacakan ayat dari Kitab Suci lalu disambung dengan lagu-lagu yang sesuai dengan ayatnya tersebut. Saat acara pentas seni berlangsung, dibagikan makanan kepada para peserta sehingga peserta kurang antusias saat mengikuti acara pentas seni.

Misa raya pelajar ini dapat berlangsung berkat bantuan dari umat yang ikut mendukung  terlaksananya program kerja, masih sangat banyak kegiatan lain yang perlu dukungan kerjasama dan keterlibatan dari umat terutama kaum muda yang akan menjadi generasi penerus dalam kegiatan-kegiatan menggereja. Kami FKPK mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang mau terlibat dalam menjalani semua proses sampai akhirnya acara ini dapat berjalan, dalam pelayanan ini kita menemukan makna kebersamaan dan tanggungjawab. Tuhan memberkati. Amin (Tr- FKPK)