Pertemuan Ketua Lingkungan & Wilayah untuk Pendataan Arah Dasar KAS 2011-2015

pendataanParoki Sragen (LENTERA) – Pada hari Minggu (27/11) selepas Misa Siang, para ketua lingkungan, petugas pendata dari masing-masing lingkungan mengadakan pertemuan di Aula SMP Saverius atas undangan Tim Data Paroki. Pertemuan itu dilaksanakan sebagai koordinasi Pendataan Arah Dasar Keuskupan Agung Semarang 2011-2015.

Pendataan ini merupakan program dari Tim Programasi Keuskupan Agung Semarang dalam rangka sosialisasi dan konsientisasi Arah Dasar KAS 2011-2015. Acara ini dibuka oleh Koordinator Ketua Wilayah, Bpk. Ig. Sarono dan dilanjutkan oleh Romo Paroki, Romo Yohanes Ari Purnomo, Pr.  Romo mengungkapkan bahwa Pendataan Arah Dasar KAS ini bertujuan untuk mengetahui realitas umat tentang sosialisasi dan penghayatan Arah Dasar KAS.

Hasil dari pendataan ini digunakan sebagai bahan referensi dan rekomendasi penyusunan Program Kerja Tahun 2012. Harapannya, penyusunan Program Kerja Dewan Paroki dapat selaras dengan gerak pastoral Keuskupan demi semakin relevan dan signifikan-nya Gereja di tengah masyarakat KAS.

Lebih lanjut, Romo mengatakan bahwa Pendataan Arah Dasar KAS ini dilakukan dengan dua model penelitian/ pendataan, yakni dengan menggunakan model kuesioner dan FGD (Focus Group Discussion). Kedua model tersebut dilaksanakan di dalam masing masing lingkungan. Dalam model kuesioner, setiap lingkungan menentukan jumlah sampel yang akan menjadi responden untuk mengisi kuesioner yang telah disiapkan oleh tim Programasi KAS.

Sementara itu, dalam model FGD, setiap lingkungan membentuk tim diskusi yang terdiri dari 6-12 orang untuk mengumpul­kan data-data yang instrumennya juga sudah dibuat oleh tim Programasi KAS. Pendataan Ardas KAS ini difokuskan untuk mengetahui  pemahaman serta penghayatan umat terkait dengan fokus pastoral yang terdapat dalam Arah Dasar KAS 2011-2015.

Fokus pastoral yang hendak didata antara lain: Iman yang mendalam dan Tangguh, Sosial Politik Kemasyarakatan, Keberpihakan kepada KLMTD, dan Kelestarian Keutuhan Ciptaan. Instrumen untuk mengetahui pemahaman serta penghayatan keempat fokus pastoral tersebut telah dipersiapkan oleh Tim Programasi KAS.

Sosialisasi dan koordinasi Pendataan Ardas KAS ini dipandu oleh tim Data Paroki yang terdiri dari Bpk. Agus Soekantoro, Mas Yudi, dan Mas Mardhani. Dalam sosialisasi ini diterangkan kepada para ketua lingkungan tentang mekanisme dan cara pendataan berdasarkan instrumen yang sudah dipersiapkan oleh Tim Programasi KAS.

Setiap ketua lingkungan mendapatkan satu buku Petunjuk Teknis Pendataan Ardas KAS. Akhirnya, disepakati bahwa pelaksanaan Pendataan Ardas KAS di masing-masing lingkungan ini dilaksanakan pada pertemuan Minggu ke-3 dan ke-4 Adven. Semoga dengan Pendataan ini, arah pastoral Gereja KAS ke depan semakin relevan dan signifikan.(Poer