Pertemuan Prodiakon: Pendalaman Ibadat & Liturgi

kedawungKedawung (LENTERA) – Bertempat di Gereja Wilayah Santo Yohanes Rasul Kedawung, Minggu (18/03), para Prodiakon Paroki Sragen berkumpul dan mengadakan pendalaman tentang Ibadat dan Liturgi.

Hadir sebagai narasumber Romo Yohanes Ari Purnomo, Pr. Pada kesempatan tersebut, Romo Ari menyampaikan bahwa Liturgi itu lebih luas cakupannya dibanding ibadat, terutama mencakup Sakramen-Sakramen, seperti Baptis, Ekaristi, Penguatan dst. Sedangkan ibadat adalah bagian dari Upacara sakramen. Diperlukan pengetahuan dan pengalaman untuk dapat membedakan dan melihat kesamaan keduanya.

Prodiakon mesti banyak membaca referensi buku-buku seputar Liturgi dan Ibadat. Saling asah-asih dan asuh diperlukan agar para Prodiakon semakin mantab melaksankan tugasnya.

Dalam pertemuan itu ada tanya jawab dan tanggapan sehingga pertemuan semakin hidup dan menunjukkan dinamikanya. Dalam pertemuan-pertemuan yang akan datang akan diusahakan untuk ada pertemuan selang-seling, sebulan di Paroki dan sebulan di wilayah.

Sebenarnya bulan Maret ini rencananya pertemuan Prodiakon Paroki diadakan di Wilayah Jenawi. Berhubung Gereja Jenawi sedang dipakai untuk Rekoleksi Para Lektor, pertemuan prodiakon ini dipindahkan ke Gereja Wilayah Kedawung. Program ini mendapat tangggapan baik dari para prodiakon Paroki. (Atmd)