Momentum: TAHUN IMAN 2012-2013

Year_of_Faith-1

Oleh: Mgr. Johanes Pujasumarta (Uskup Agung Semarang)Melalui Surat Apostolik  “MOTU PROPRIO DATA” PORTA FIDEI Paus BENEDICTUS XVI menetapkan Tahun Iman, 12 Oktober 2012 – 24 November 2013.

Artikel 4. Di dalam terang semua hal ini, saya telah mengambil keputusan untuk mencanangkan suatu Tahun Iman. Tahun itu akan dimulai pada tanggal 11 Oktober 2012, yakni hari ulang tahun yang ke limapuluh dari pembukaan Konsili Vatikan II, dan akan ditutup pada Hari Raya Tuhan kita Yesus Kristus Raja Semesta Alam, pada tanggal 24 November 2013. Tanggal yang mengawali Tahun Iman itu, 11 Oktober 2012, menandakan juga hari ulang tahun yang ke- duapuluh dari publikasi buku Katekismus Gereja Katolik, sebuah naskah yang sudah dipromulgasikan oleh pendahulu saya, Beato Yohanes Paulus II, dengan maksud untuk memberikan kepada semua umat beriman gambaran tentang kekuatan dan keindahan iman kita.

Dokumen tersebut, sebagai buah yang otentik dari Konsili Vatikan II, telah diminta oleh Sinode Luar-biasa Para Uskup pada tahun 1985 sebagai sebuah sarana bantu bagi pelayanan Katekese  dan telah diterbitkan dalam kerjasama dengan semua Uskup Gereja Katolik.  Tambahan pula, tema Sidang Umum Sinode Para Uskup yang telah saya undang untuk bulan Oktober 2012 adalah: “Evangelisasi Baru untuk Penerusan Iman Kristiani”.

Hal ini akan menjadi kesempatan yang baik untuk menghantar segenap Gereja masuk ke dalam saat refleksi yang khusus dan penemuan kembali imannya. Ini bukan yang pertama kalinya Gereja telah dipanggil untuk merayakan suatu Tahun Iman. Pendahulu saya yang terhormat Hamba Tuhan Paus Paulus VI pernah memaklumkan itu pada tahun 1967, untuk memperingati kemartiran Santo Petrus dan Santo Paulus pada peringatan sembilan belas abad tentang tindakan terluhur kesaksian mereka.

Ia [Paus Paulus VI] menganggap hal itu sebagai saat yang paling mulia bagi seluruh Gereja untuk untuk membuat “suatu pengakuan yang otentik dan tulus dari iman yang sama”. Selanjutnya, beliau menghendaki bahwa hal ini diteguhkan dengan cara yang “individual (sendiri-sendiri) maupun kolektif (bersama-sama), secara bebas dan bertanggung jawab, baik secara lahir maupun batin, dengan rendah hati dan terus-terang”.

Paus berpendapat, bahwa dengan cara demikian seluruh Gereja dapat memulihkan kembali “pemahaman yang tepat akan iman itu, sehingga dengan demikian menguatkannya, memurnikan¬nya, meneguhkannya dan mengakuinya.” Kemeriahan besar tahun itu semakin menunjukkan kebutuhan akan perayaan semacam ini. Perayaan ditutup dengan Pengakuan Iman Umat Allah dimaksud¬kan untuk menunjukkan, betapa isi hakiki iman yang selama berabad-abad telah membentuk warisan segenap umat beriman, perlu diteguhkan, dipahami dan diselidiki lagi secara baru, agar menjadi kesaksian iman yang konsisten di dalam keadaan-keadaan historis yang ada saat ini yang sangat berbeda dengan keadaan sejarah masa lampau.

Pertanyaan refleksi:

Dalam terang Konsili Vatikan II bagaimana Gereja Katolik Indonesia  hidup dan berkembang untuk membangun Gereja semakin signifikan dan relevan pada zaman kita?

1.  Membaca ulang dokumen-dokumen Konsili Vatikan II untuk menerangi zaman kita.

2.  Mempelajari dokumen-dokumen Gereja yang muncul selama 50 tahun setelah Konsili  Vatikan II:

3.  Memaknai peristiwa-peristiwa gerejawi penting buah dari Konsili Vatikan II:

PELUANG GERAKAN SINERGIA UMAT KATOLIK

18-25 Januari: Pekan Doa SeduniaUntuk Kesatuan Umat Kristiani

Hari Minggu Hubungan Antar Agama dan Kepercayaan

22 Februari – 1 April: Aksi Puasa Pembangunan

Mei: Bulan  Liturgi Nasional

20 Mei: Komsos “Keheningan untuk Evangelisasi”

(Thomas Aquinas “contemplari et contemplata aliis tradere”)

10-17 Juni: Kongres Ekaristi Internasional Ke-50 di Dublin, Irlandia

“Ekaristi: Bersatu dengan Kristus dan Bersatu Antara Kita.”

17 Agustus: Hari Raya Kemerdekaan Indonesia

AJARAN SOSIAL GEREJA

September: Bulan Kitab Suci Nasional

16 Oktober: Hari Pangan Sedunia

22-26 Oktober: Indonesian Youth Day

5-15 November: Hari Studi KWI “Eko-pastoral” Sidang Sinodal KWI

Desember: Adven-Natal

Pesta Keluarga Kudus