Lomba Menghias Pot Tanaman Hias

potParoki Sragen (LENTERA) – Pemanasan global adalah ancaman serius bagi keberlangsungan kehidupan umat manusia di bumi ini. Hal itu semakin kita rasakan dengan adanya musim kemarau panjang seperti yang kita alami pada tahun ini. Selain itu iklim dan cuaca makin tidak dapat diprediksi sebagai akibat adanya pemanasan global.

Menyemarakkan lingkungan gereja dengan tanaman adalah wujud nyata untuk kepedulian umat dalam memelihara keutuhan ciptaan dan memuliakan Tuhan. Sebagai bentuk peduli lingkungan hidup serta untuk menghidupkan dinamika umat, salah satu kegiatan HUT ke-55 Paroki Sragen adalah Lomba menghias Pot, Minggu (07/10) bertempat di halaman di Gereja Katolik Santa Perawan Maria di Fatima Sragen yang dilaksanakan.

Gereja Paroki Sragen pada hari itu, tampak semarak dan ceria dengan kesibukan para peserta lomba perwakilan dari 47 lingkungan. Mereka tampak sibuk menghias pot dan tanaman, berlomba adu kreatif menampilkan karya terbaik mereka.

Kriteria lomba menghias pot adalah bahan yang dihias adalah Pot beton bertulang dan penyangganya disediakan oleh Lingkungan; Ukuran Pot diameter  minimal 50 cm; Jenis Tanaman hias tahan panas untuk luar ruangan; Perlengkapan Lomba: Cat warna-warni dan kwas membawa sendiri; Motif hiasan batik atau detail wastu ornamen gereja; Personil yang mengerjakan maksimal 2 orang, terdiri dari 1 orang penghias dan 1 orang pekerja tanaman. Masing-masing Lingkungan boleh menampilkan lebih dari satu peserta.

Dalam setiap pot lomba, peserta wajib mencantumkan deskripsi dan identitas hiasan, meliputi: Nama Lingkungan, jenis bahan yang dihias: jenis pot, ukuran pot dan harganya, jenis tanaman yang ditanam, jenis media tanam dan harganya.

Kriteria penilaian juri adalah: proses menghias, termasuk lamanya waktu menghias; Nilai seni hasil hiasan, Keserasian antara pot, tanaman dan motif hiasan, kwalitas materi atau bahan-bahan yang digunakan (kwalitas pot, cat, tanaman).

Setelah melalui proses penilaian yang ketat akhirnya juri memutuskan pemanang Lomba Menghias pot ini, yakni: Juara 1 Lingk.Markus Widoro; Juara 2 Lingk. Benediktus Puro Asri; Juara 3 Lingk.Monica Candi; Juara Harapan 1 Lingk. Agnes Teguhan; Juara Harapan 2 :ingk. Sukomarto dan Juara Harapan 3 Lingk. Titus Kedawung.

Pot-pot Hias hasil lomba ini menjadi milik panitia dan dipersembahkan untuk tanaman hias yang akan dipajang di gereja paroki Sragen. (dn)