Misa Malam Natal: Semakin terlibat, berbagi & peduli

natal

Paroki Sragen (LENTERA) – Misa Malam Natal di Gereja Katolik Santa Perawan Maria di Fatima Sragen, Senin (24/12) berjalan dengan khusuk dan penuh makna. Misa Natal ini dipimpin secara konselebran oleh Romo Emannuel Martasudjita, Pr dan Romo Jost Kokoh Prihatanto, Pr. Meski cuaca sempat mendung tebal namun kehadiran umat mengikuti perayaan ekaristi Natal begitu luar biasa memenuhi Gereja Paroki Sragen, bahkan panitia harus mencari kursi-kursi tambahan untuk menampung yang datang meluber.

Dalam homilinya, Romo Martasudjita mengungkapkan Natal adalah puncak perayaan ekaristi. Kelahiran Tuhan Yesus tidak membutuhkan popularitas karena ia hadir dengan diam-diam di sebuah gubug gembala. Meski Ia Sang Mesias, namun Ia hadir langsung di kalangan rakyat kecil, di tengah-tengah para gembala. Saat kelahiran-Nya, Yosef, Maria dan para gembala bersujud dan itu merupakan sikap awal adorasi. Di jaman sekarang, Yesus selalu hadir di tengah-tengah paa saat perayaan ekaristi, karena itulah ekaristi puncak perayaan orang beriman.

Tema Natal Paroki Sragen tahun ini adalah“Penyertaan Allah menggerakkan kita semakin terlibat, berbagi dan peduli.” Harapannya dengan semangat Natal ini kita semakin terlibat, berbagi dan peduli dalam kegiatan Gereja maupun di masyarakat sehingga kita mampu menjadi berkat bagi semua.

Misa Malam Natal di Paroki Sragen ini secara serentak dilaksanakan bersamaan mulai pukul 19.00 WIB di 4 tempat: Gereja Paroki Sragen oleh Rm. Emanuel Martasudjita, Pr & Rm. Jost Kokoh Prihatanto, Pr; Gereja Wilayah Sidoharjo oleh Rm. Robertus Hardiyanta, Pr dan di Kapel Gawan untuk Wilayah Tanon oleh Rm. Yohanes Ari Purnomo, Pr.

Misa Natal Pagi pun juga secara bersamaan dilaksanakan di 5 tempat: Gereja Paroki Sragen, Gereja Wilayah Jenawi, Kapel Gondang, Wilayah Masaran dan Wilayah Tangen di Kapel Jenar.

Pada Misa Natal baik malam maupun pagi diwarnai dengan aksi pengumpulan koin peduli umat yang diserahkan dan diwakili oleh para Ketua lingkungan. Hasil pengumpulan koin tersebut akan digunakan untuk kegiatan sosial.

Terima Kasih kepada Panitia Ad Hoc Natal 2012 dari umat Wilayah Petrus, Petugas liturgy, petugas keamanan dan segenap umat atas keterlibatannya sehingga Perayaan Natal berjalan dengan baik dan lancar. SELAMAT NATAL & TAHUN BARU 2013. Tuhan memberkati. (dn)