LKTD FKPK: “How, Who, Where”

fkpk

Jenawi (LENTERA) – FKPK (Forum Komunikasi Pelajar Katolik) Sragen mengadakan Latihan Kepemimpinan Tingkat Dasar (LKTD) selama 3 hari (14-16/12). Pelatihan yang bertempat di Kapel Jenawi dan Kapel Kedawung ini diikuti oleh 27 peserta dan 13 fasilitator dari OMK. Panitia memilih tema “How, Who, Where” untuk semakin menyemangati para kader Gereja ini. Para peserta termasuk fasilitator diajak untuk berdinamika bersama mengenai peran dan kekhasan kaum muda. Harapannya, para kaum muda menjadi generasi yang mempunyai militansi dalam karya pelayanan.

“How, Who, Where” menjadi topik pendalaman bersama. Dinamika hari pertama diwarnai dengan permenungan mengenai keadaan diri secara menyeluruh. Para peserta diminta untuk memetakan peran, rasa perasaan, pengalaman-pengalaman hingga sadar betul akan kedirian (minat, bakat, talenta, kepribadian, dan peran serta tanggung jawab mereka). Pagi harinya, setelah sarapan, dari Kapel Jenawi, para peserta diajak untuk kerja tangan membantu pembangunan Taman Doa Santa Perawan Maria Di Fatima Ngrawoh. Kegiatan berkerja di Ngrawoh ini  menjadi bukti  kaum muda untuk terlibat aktif dalam dinamika menggereja khususnya di Paroki Sragen ini. Salah satu wujud konkretnya adalah dengan memiliki rasa andarbeni terhadap Gereja.

Sore harinya, para peserta diminta untuk melanjutkan kegiatan di Kapel Kedawung. Seusai MCK, Rama Jost berkenan memberikan materi. Seluruh peserta, termasuk fasilitator yang hadir diminta untuk mengikuti materi secara menyeluruh. Dimulai dengan bergaya di red carpet untuk melepaskan diri dari rasa malu untuk menampilkan diri. Pada intinya, mereka diminta untuk selalu menjadi pemenang dan pahlawan, bukan sebagai pecundang. Gereja membutuhkan orang-orang yang berani untuk berjuang dalam pelayanan. Sessi malam hari ditutup dengan misa bersama umat Kedawung.

Sebagai penutup dan mempertegas peran kaum muda, peserta LKTD dibantu oleh Pak Hanung dan Mas Leo untuk tidak segan-segan melibatkan diri dalam karya pelayanan di Gereja maupun hidup di keluarga dan masyarakat. Secara singkat, Pak Hanung memberi wawasan tentang hidup moral menjadi orang Katolik agar sadar akan identitas sebagai murid-murid Kristus. Puncak dari kegiatan ini, dipilihlah 5 orang yang menjadi formatur kegiatan FKPK untuk tahun ini yakni Dily (Puro Asri), Aji (Taman Sari), Bambang (Kedawung), Bintang (Mojo Mulyo), Anggit( Plumbungan Indah. Hanya ada satu kata: SEMANGAT! –Jargon LKTD 2012- (Rio)