Natal bersama PIA-PIR Rayon Timur Surakarta

natal anak

Paroki Sragen  (LENTERA) – Perayaan Natal bersama PIA-PIR Rayon Timur Surakarta dilaksanakan di Paroki Sragen, Selasa (01/01) bertepatan dengan Hari Raya St. Perawan Maria Bunda Allah. Panitia yang terbentuk dari pelbagai paguyuban kaum muda diantaranya:  MISDINAR,FKPK dan OMK didampingi para pendamping PIA-PIR sebagai fasilitator. Panitia sungguh bekerja keras mulai dari rapat pembentukan, persiapan dan pelaksanaan. Acara yang dikemas dalam bentuk misa inkulturasi, diiringi gending dengan pangrawit dari siswa SMP Saverius Sragen dan menggunakan bahasa Indonesia ini sungguh merupakan jejaring yang melibatkan banyak orang.

Dalam Perayaan Ekaristi ini, semua paroki di Rayon Timur turut ambil bagian dalam liturgi Ekaristi. Tarian perarakan dan persembahan dari Paroki Karanganyar, lektor dari Paroki Jumapolo, Koor dan iringan gending  dan pemazmur dari paroki Sragen, serta Operet Natal dari Paroki Sragen. Anak-anak dengan tertib dan bersemangat mengikuti perayaan Ekaristi.Dengan wajah yang ceria, semua bergembira. Misa yang dipimpin oleh Rama Robertus Hardiyanta, Pr, Rama Yohanes Ari Purnomo, Pr dan Rama Antonius Giyono, Pr dari Paroki Jumapolo , di mulai pukul 10.00 WIB. Peserta yang hadir dari Paroki Jumapolo hadir 140 orang, Paroki Karanganyar 120 orang, Paroki Palur 55 orang dan dari Paroki Sragen hampir 400 orang.

Drama Natal yang di kemas oleh Frater Robertus Hendy Kiawan, bersama dengan para Suster SFS, menampilkan Kisah Perjuangan Ngeri Semut yang mempertahankan diri dari serangan kerajaan Orong-Orong. Anak-anak yang terlibat adalah calon komuni pertama yang telah berlatih selama sebulan. Dalam kesempatan ini juga diadakan aksi panggilan dari para frater Seminari Tinggi Kentungan. Para frater mengajari anak-anak dengan gerak dan lagu, mengajak seluruh umat bergembira dalam merayakan Ekaristi.

Dalam kesempatan homilinya. Rama Ari berpesan kepada anak-anak agar jangan takut dan malu untuk mengutarakan pendapat dan keinginan hati, juga harus cinta sesama, tidak bermusuhan, harus saling berbagi . Ucapan Selamat Natal dari dewan paroki sragen diwakili oleh Bp. AY. Djoko Darmono selaku ketua bidang Pewartaan.  Doorprise juga dibagikan setelah misa selesai, dan dilanjutkan dengan makan siang bersama, diiringi musik dan kreatifitas dari masing – masing paroki. Panitia dapat mengelola acara dengan baik, mulai dari registrasi peserta sampai dengan acara hiburan, semua saling bekerjasama. Acara ditutup oleh Rama Robertus Hardiyanta, Pr pada pukul 14.00 WIB. Hatur terimakasih untuk keterlibatan semua pihak dan donatur. Proficiat.  (Rs)