Warta Suka Cita Natal Lingkungan Santo Alfonsus de Liguori Gading

natal gading

Gading (LENTERA) – Natal merupakan salah satu ungkapan rasa sukacita dan syukur karena kelahiran Sang Juru selamat yaitu Tuhan Yesus Kristus sebagai jalan kebenaran dan hidup kita. Berbagai ungkapan sukacita dapat diwujudkan dalam berbagai macam kegiatan diantaranya Perayaan Ekaristi Kudus serta perayaan-perayaan lainnya.

Tidak ketinggalan umat Katolik lingkungan Santo Alfonsus de Liguori Gading juga mengadakan Perayanaan Ekaristi Natal, Minggu (30/12). Istimewanya perayaan ekaristi ini dipimpin oleh Rama Antonius Sutanto, SJ dari Jakarta lengkap dengan koor dari anak-anak Asceensio yang sudah terkenal di Indonesia bahkan luar negeri. Mereka sengaja datang di Gading karena pada hari sebelumnya Asceensio mengadakan konser musik liturgi di Surabaya kemudian di Paroki Kleco, Surakarta.

Rama Antonius Sutanto SY adalah asli dari waga Gading, waktu itu baru ada satu keluarga yang menjadi umat Katolik. Menurutya cerita, beliau meninggalkan Gading sekitar tahun 1952. Ini sungguh merupakan kebanggaan bagi umat Gading karena bisa melaksanakan kegiatan tersebut dengan sukses meskipun ada hambatan cuaca namun tetap berjalan dengan lancar.

Dalam Ekaristi kudus ini, liturgi dimeriahkan dengan iringan kerawitan  Jawa dari paguyuban Kidung Maria Fatima dari paroki Sragen yang diketuai oleh Bp. Prastowo dan Ibu CH. Nanik dan dihadiri oleh para suster berserta beberapa umat paroki. Tak ketinggalan lagu-lagu merdu dengan cita rasa surgawi dikidungkan oleh paduan suara Asceencio.

Setelah Misa Kudus selesai, umat mengadakan acara ramah tamah bersama. Karena kesibukan jadwal hari Minggu yang padat, Rama Hardiyanta akhirnya dapat hadir dan memberikan sambutan pada acara ramah tamah. Sebagai kenang-kenangan, umat menghaturkan wayang purwa dengan tokoh Dewa Ruci kepada Rama A. Sutanto, SJ.

Setelah itu, para umat juga mempersembahkahkan tarian-tarian, klotekan gejok lesung yang mendapat juara III dalam Gelar Budaya Paroki tempo lalu, kemudian karawitan yang dipimpin oleh Pak Prastowo dan Ibu Nanik. Semoga acara ini dapat menjadi motivasi umat untuk semakin meluhurkan Tuhan.(Prstw)