Semangat Kasih di Tahun Baru

hnhOleh: V.Sri Murdowo –  SELAMAT TAHUN  BARU.,…….BERKAH  DALEM  Apa kabar anda hari ini ? Masih sehat dan senantiasa enerjik bukan ? Mungkin cuaca disana sini masih belum bersahabat, meski demikian kita harus tetap semangat dan optimis menyambut hari esok !   Nah,..tak terasa, tahun 2012 sudah kita lalui !  Tentu saja banyak rencana dan banyak cerita yang bisa dikemas dan dijadikan tolok ukur untuk memulai langkah di tahun yang baru ini.

Sebut saja dalam hal berbusana, tata rias wajah, melakukan usaha atau bisnis baru, merenovasi rumah  atau sekedar merubah tata ruang agar tidak terkesan monoton,  merencanakan dan menjadwal menu masakan keluarga, membeli kendaraan, menyekolahkan, menikahkan anak,  .. dst dsb.  Yang jelas, kita masing masing sudah mempunyai gambaran tentang sesuatu demi mencapai kebahagiaan didalam keluarga. Disamping itu, tentu saja ada hal hal penting yang musti dibenahi, bagaimana kita memperbaharui  iman kita dalam mengabdi  dan melayani Tuhan , serta mengasihi sesama.

Jujur harus diakui, bahwa kita adalah manusia yang lemah , setahun yang sudah terlewati, sadar atau tidak, kita telah banyak melakukan kesalahan, menyakiti perasaan sesama, berbuat tidak adil, membuat sensasi atau berita berita yang tidak dapat dipertanggung jawabkan. Disatu sisi kita berlomba lomba mengumpulkan harta duniawi, namun disisi lain kita melupakan saudara saudara kita yang berkekurangan, lemah, tersingkir dan difabel.

Seperti yang penulis saksikan pada saat mudik menjelang Natal kemarin,  ada sesuatu yang beda ketika melihat kanak kanak Yesus yang terbaring di palungan, dengan latar belakang hunian yang gersang dan pohon pohon yang kering kerontang, batang batang meranggas dan daun daun berserakan disana sini ! Tak ada sesuatu yang hijau yang bisa menyegarkan mata ! Semua  tampak kering dan gersang !

Ilustrasi tersebut membuat penulis jadi bingung dan tak habis pikir ! Aduuh ada apa dengan  semua ini ? Ketika Romo tampil memberikan homili, barulah seluruh umat sadar dan mengerti, bahwa Allah Bapa begitu mengasihi manusia dan mencintai seluruh ciptaanNYA . Lalu apa yang sudah kita lakukan demi membalas dan menanggapi kasih Tuhan tersebut ? Disana sini manusia masih melakukan tindakan pengrusakan alam sekitar tanpa mau menjaga kelestariannya, menodai hukum kasih dan melakukan tindakan yang terkutuk seperti peperangan, penculikan, pembunuhan, aborsi, pelecehan seksual, pelanggaran HAM dan sebagainya ! Kni saatnya kita berbenah diri untuk berbuat yang lebih baik dan positif.

Ibu ibu serta sobat wanita yang terkasih,…..

Dengan semangat Natal dan keyakinan penuh akan datangnya hari haru yang sarat harapan, mari kita bersama sama melangkah di tahun 2013 ini tanpa pernah merasa ragu dan bimbang.

Kita bekerja  keras dan terus berdoa memohon kepada Bapa, melalui Yesus Kristus putraNYA yang Tunggal, Sang Mesias dan Sang Penyelamat Dunia, agar kita semua, keluarga , handai taulan, sanak saudara, dan seluruh masyarakat yang ada disekitar kita, senantiasa diliputi rasa damai, aman sejahtera dan senantiasa hidup rukun, penuh toleransi, hidup berdampingan seperti saudara, penuh rasa kasih dan hormat menghormati satu dengan yang lain. Mari kita bangun mimpi, dan terus berupaya agar mimpi mimpi tersebut dapat menjadi kenyataan, berguna untuk diri sendiri, keluarga , gereja dan sesama !

Oke,…… sampai disini dulu jumpa kita, harapan penulis tak lain, agar anda semua selalu dilindungi Tuhan, tetap menjadi pembaca setia Lentera, syukur syukur berkenan memberikan masukan, sumbang saran atau artikel yang bisa dibagikan untuk yang lain.

Terimakasih atas atensi anda,…….. TUHAN MEMBERKATI .***