Kasih Itu Indah

kasih indahOleh: V.Sri Murdowo – Syaloom,…. Berkah Dalem, Tanpa terasa kita sudah menginjak­kan kaki di bulan Februari 2013.  Lalu selama sebulan lebih ini apa saja yang sudah kita capai? Mungkin banyak hal yang sudah kita kerjakan atau baru bisa ditempuh setengah jalan, namun semuanya merupakan per­gulatan hidup kita masing-masing, yang tetap harus dituntaskan, meski di sana-sini masih menemui banyak kendala,tantangan maupun hambatan.

Ibu- ibu serta sobat wanita terkasih, ngomong-ngomong nih, kira-kira sejauh mana pemahaman kita tentang BAHASA KASIH ?  Sejatinya kasih itu bersifat universal, dimana setiap orang, walau berbeda bangsa,ras,suku, kepercayaan,adat istiadat, dan sebagainya, suatu saat pasti  bisa tersentuh dan memahami satu sama lain, walau kenyataannya memiliki perbedaan.

Contoh konkrit, bahasa kasih bisa disampaikan melalui suara,bunyi atau lagu. Dengan mendengarkan lagu yang  syairnya berbicara tentang kasih, sarat dengan sentuhan humanisme, rasa simpati atau kepedulian tentang sesuatu, dilagukan lewat suasana hati yang dalam, dihiasi dan dikemas dengan aransemen musik dan irama yang sederhana namun sarat makna , tak ayal semua orang pasti akan disadar­kan betapa kasih itu indah.

Selebihnya kita merasa terusik dan merasa tak nyaman dengan adanya perselisihan , tindak kekerasan,maupun ketidak adilan di sekitar kita, yang jelas jelas terasa menyakitkan baik fisik maupun mental, sehingga tak ada lagi kasih dan kepedulian untuk berbagi terhadap sesama. Kasih ,sebagai karunia dari Allah menjadi sirna, bahkan tak ada  yang tersisa lagi !

Nah, sekarang bagaimana jika kita mendengrkan lagu / tembang jawa berikut ini :

Srengenge nyunar ganti mulya

Angine midit nglawan rena

Manuke ngoceh ana ing wit witan

Kewane nyenggut ana ing pasuketan

Kabeh padha nyembah Allah kang mulya (2x)

Ibu ibu yang terkasih,… tembang jawa di atas benar benar menggambarkan situasi yang indah, hangat dan penuh kedamaian, karena dengan segala kepedulian dan rasa kasihNYa kepada manusia serta seluruh alam ciptaanNYA pula, Allah Bapa menciptakan dunia dengan segala isinya, seperti  matahari, bulan, bintang, laut, hutan, binatang , pepohonan yang hijau, mata air yang jernih,sungai yang berkelok kelok, gunung, pelangi, awan nan putih . . .dan sebagainya, agar kita senantiasa bahagia, hidup rukun, saling menyayangi dan ikut serta memelihara alam dan lingkungan  sekitar dengan sebaik baiknya. Nah, tentu anda masing masing  punya lagu kesayangan bukan?  Misalnya lagu Kemesraan atau Lilin lilin kecil  dari  Chrisye,  atau lagu anak anak Desaku, Pelangi pelangi, atau mungkin We are the world nya Michael Jackson,  dst.

Apapun itu,  lewat lagu, kita bisa mengerti bahasa kasih, lewat syair lagu  pula, kita akan mampu menciptakan kedamaian di jagat raya ini. Sebagai seorang wanita, kita diberikan bakat dan talenta dari Tuhan, maka untuk menjadi   DUTA PER­DAMAIAN DUNIA,  kita tidak harus menjadi Miss atau Putri Indonesia,atau bahkan Miss Universe yang harus cantik dan memiliki intelektual  tinggi, namun  apapun profesi kita, kita bisa memberikan kontribusi yang positif terhadap per­damaian dunia, yang akhir akhir ini terasa semakin memprihatinkan.

Dalam kehidupan sehari hari, kita bisa menciptakan suasana riang dan damai didalam keluarga kita,  jika kita sesekali atau terbiasa untuk bersenandung, baik di dalam kamar mandi, sambil nonton televisi, ketika sedang berkebun, sedang bekerja di sawah atau di ladang, atau ketika sedang membereskan rumah, atau dimana saja. Dengan kebiasaan tersebut,  apapun yang terasa mengganjal di rongga dada akan mencair, setidaknya bisa menghibur diri sendiri,serta orang lain yang ada disekitar kita. Nah anda mau mencoba ?

Sampai disini dulu perjumpaan kita kali ini, semoga bisa bermanfaat dan memberikan masukan serta ide ide yang positif.

Selamat menjalankan aktifitas , teriring doa semoga Bahasa Kasih senantiasa bergema didalam hati dan kehidupan kita, karena kasih itu indah dan memiliki berjuta macam makna.

Mari kita ciptakan kedamaian dengan cara kita masing masing. Oke?

SELAMAT BERKARYA DI LADANG TUHAN. GOD  BLESS   !! **