Misa Pembukaan Novena Putaran III Taman Doa & Goa Maria Fatima Ngrawoh

“Nggegesang Sakramen Baptis Minangka Timbalaning Pamartobat Ingkang Kawartosaken Ibu Maria Fatima”

fff

Ngrawoh (LENTERA) – Selamat berjumpa kembali dalam liputan Pembukaan Ekaristi Novena putaran III di Taman Doa Maria Fatima Ngrawoh  Kamis (24/01). Dimulai dengan perarakan dari gereja (kapel) Ngrawoh para petugas dari misdinar, lektor, prodiakon, dan Rm. Yohanes Ari Purnomo, Pr yang saat itu mempimpin ekaristi kudus menuju panti imam. Persiapan misa kelihatan lebih mantap, karena panitia sudah tambah berpengalaman. Perayaan Ekaristi   didahului dengan doa Rosario. Pada Misa Novena putaran III ini semua menggunakan bahasa jawa.

Umat duduk berjajar rapi me­menuhi kursi yang sudah disiapkan   oleh panitia di lokasi seputar taman doa. Sekalipun di bawah rintik  hujan gerimis Ekaristi, umat tetap banyak yang hadir. Malam itu Ekaristi disemarakkan oleh paduan suara OMK Paroki Santa Perawan Maria di Fatima Sragen dan petugas liturgi  dari wilayah St. Paulus.

Ekaristi kali ini dengan tema: ”Nggegesang Sakramen Baptis minangka timbalaning pamartobat ingkang kawartos­aken Ibu Maria Fatima” yang merupakan bagian dari refleksi umat paroki St. Perawan Maria Fatima Sragen pada novena putaran ke III dalam usaha mewujudkan tempat Ziarah berupa Taman Doa  Maria Fatima di Ngrawoh. Untuk mengawali Ekaristi Rm.Yohanes Ari Purnomo, Pr. langsung menyampaikan bahwa Novena ini merupakan bagian yang sangat penting dalam pembangunan  tempat Ziarah.

Selanjutnya dalam renungan Rm. Yohanes Ari Purnomo, Pr   mengajak umat untuk merenungkan bacaan yang diambil dari Kis 22 : 3 – 16  dan Markus 16 : 15 – 18. Dibuka dengan cerita pengalaman arum jeram, tenggelam, terbawa arus, celana lepas dan akhirnya harus taat, patuh pada  pemandu, memakai helm dan pelampung.

Lebih lanjut Romo mengingatkan kepada setiap orang bahwa Gereja seperti bahtera, kita mesti harus taat, patuh pada pemandu yaitu Yesus Kristus. Dalam mengakhiri renungannya Rm. Ari menegaskan (1) Sakramen Baptis: masuk dalam komunitas pengikut Yesus Kristus dan bisa menerima Sakramen yang lain (pintu gerbang untuk menerima sakramen yang lain puncak dan sumbernya di sakramen Ekaristi) (2) Baptis : dibebaskan dari dosa. (3) Baptis : lahir kembali, seperti Paulus, diangkat menjadi putra berarti yang menerima warisan. (4) Baptis : digabungkan di dalam Gereja. Menghidupi Sakramen Baptis sebagai wujud panggilan pertobatan sebagaimana yang diwartakan oleh Bunda Maria Di Fatima.

Petugas Liturgi untuk Misa Novena 2 Putaran ke III Kamis Pon malam Jumat Wage, 28 Februari 2013. Wilayah Yohanes Rasul Kedawung. Dan Kor St. Monika. Sekilas Info : Pelaksanaan novena II menelan beaya Rp. 25.637.900,- Dana masuk Rp. 63.068.500,- sisa anggaran yang disetor ke Dewan Paroki Rp. 37.430.600,- Berkah Dalem.(P.Wid/GKrT).