Pembekalan Pemandu APP

app

Paroki Sragen (LENTERA) – Bulan Februari tiba, berarti kita sudah semakin dekat pada awal masa Prapaskah. Bukankah hari Rabu Abu tahun 2013 ini jatuh pada tanggal 13 Februari? Maka dari itu, pada hari Minggu ( 03/02) yang lalu para pemandu APP lingkungan, yang sebagian adalah para Prodiakon, dipanggil untuk mendapat pembekalan dari Panitia APP Paroki.

Secara kebetulan, hari Minggu itu saatnya para Ketua Wilayah dan Ketua Lingkungan berkumpul. Lalu diadakan pemilihan Koordinator Ketua Wilayah separoki. Seperti telah diduga, para Ketua Wilayah dan Lingkungn yang hadir waktu itu memilih Bapak Ignatius Sarono dari Plumbungan Indah sebagai koordinatornya.

Sekarang, setelah ucapan selamat diberikan, marilah kita bersemangat baru, artinya menanggapi secara lebih bersemangat terhadap kinerja dan praksis yang akan dia bangun dengan dasar Ardas KAS 2010-2015, yang memang belum semuanya dikupas dan digali serta diterapkan, yaitu beriman mendalam dan tangguh, signifikan dan relevan untuk melestarikan keutuhan ciptaan. Bagaimana semuanya itu terlaksana, terutatma kepada kita semua sebagai umat pilihan Allah yang menyatakan sanggup dibimbing olehnya.

APP 2013, Salib Kristus dan budaya Kerja

Menangggapi Ensiklik Bapa suci Benndictus XVI, PINTU KEPADA IMAN (PORTA FIDEI), Keuskupan Agung Semarang, lewat Panitia APP Keuskupan yang diketuai oleh Romo Alexius Dwi Aryanto, Pr mengajak seluruh umat beriman untuk merenungkan serta menghayati misteri salib Kristus

“Secara khusus di tahun iman ini, kita ingin merenungkan bersama bahwa melaksanakan pekerjaan-pekerjaan harian kita dapat menjadi sarana untuk semakin beriman dan menghayati misteri salib Tuhan kita Yesus Kristus. Yesus pernah bersabda,”Setiap orang yang mau mengikuti Aku ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya setiap hari dan mengikuti Aku”(Luk 9:23)….”

Dengan tema “SEMAKIN BERIMAN DENGAN BEKERJA KERAS DAN MENGHAYATI MISTERI SALIB TUHAN”, kita ingin merasakan daya kekuatan salib Tuhan Yesus junjungan kita. Semoga dengan permenungan ini kita dapat menimba kekuatan salib Tuhan kita sebagai landasan pekerjaan-pekerjaan kita.

Bp. Ig. Marsono, yang sekarang menjabat Ketua Prodiakon Paroki masa bakti 2013-2015, berharap agar pertemuan APP tahun ini bernuansa baru, jangan cuma asal ada pertemuan, tetapi bagaimana lima kali pertemuan itu dikemas secara memikat  dan mendorong warga Katolik di Lingkungan dapat bergerak, ikut Jalan salib dan memeperbarui pertobatan secara konkret. Dengan demikian Ardas KAS 2010-2015 menjadi dasar berbuat dan beraksi. Kini kami ucapkan  selamat  berpuasa  dan  bermatiraga, alias bertobat. (oleh Atmadi).