IMLEK (Ikuti Maria Lewat Ekaristi Kudus)

imlek

Paroki Sragen (LENTERA) – Pada misa ke-2, Minggu (10/2) pukul 07.30 WIB, seluruh umat Gereja Santa Perawan Maria di Fatima Sragen merayakan Tahun Baru Imlek sekaligus Hari Orang Sakit Sedunia yang jatuh tepat satu hari sebelumnya.

Mengambil tema “Ikuti Maria Lewat Ekaristi Kudus” umat tumpah-ruah memenuhi dalam hingga pelataran Gereja, 275 orang diantaranya adalah yang sedang dalam kondisi sakit. Mereka diantar sanak saudaranya datang untuk mendapatkan doa dan berkat dalam perayaan Ekaristi ini.

Misa diadakan secara konselebrasi, oleh Rm. Robertus Hardiyanta, Pr, Rm. Jost Kokoh, Pr, Rm. Ari Purnomo, Pr dan Rm. Agustinus Supriyadi, Pr.

Dalam homilinya, Rm. Hardiyanta membacakan Surat Gembala Prapaskah, dilanjutkan Rm. Jost yang menjelaskan makna Imlek dalam kaitannya dengan tema Ekaristi. Yang pertama, sebagai umat beriman hendaknya kita senantiasa bersyukur dan berdoa. Walau dalam keadaan sakit, berduka dan tidak bahagia Tuhan selalu berkarya. Momen perayaan Imlek menjadi saat untuk bersyukur dengan berkumpul bersama keluarga.

Yang kedua, Rm. Jost mengaitkan tahun baru yang dalam penanggalan Cina memasuki tahun ular air. Karakter positif ular yang berhati-hati mengajak kita untuk hati-hati sekaligus meneladan Maria agar rendah hati sehingga dapat mewujud lewat tindakan berbagi. Perayaan Imlek menjadi momentum untuk berbagi kasih tidak saja dengan keluarga tapi juga sesama. Maka sesuai tradisi itu sendiri,  dalam misa dibagikan 1000 angpao dan bingkisan jeruk dan coklat untuk semua anak-anak yang hadir.

Aksi Sosial & Lomba Tari Poco-Poco

Seusai Perayaan Ekaristi, beberapa kegiatan dilaksanakan, seperti Aksi Donor darah, pemeriksaan kesehatan gratis dan lomba poco-poco. Lomba poco-poco diikuti oleh 10 kelompok yaitu lingkungan Masaran, Sidoharjo, Taman Sari, Mageru, Krapyak, Tenggak, Gondang, Puroasri dan kelompok paduan suara Harmoni. Keluar sebagai juara I dari Mageru, II Sidoharjo dan III Tenggak. Tidak ketinggalan pula murid-murid TK. Santa Anna dan SD. Santo Fransiskus ikut memeriahkan acara. Allah yang memulai pekerjaan baik diantara kita akan menyelesaikannya (bdk. Flp 1:6).(L.N)