Misa Novena II Taman Doa & Goa Maria Fatima Ngrawoh “Pamartobat: nderek sangsara Dalem Sri Yesus amrih kalampah sejatining pamartobat”

ngrawoh2
Ngrawoh (LENTERA)
– Dengan mengambil tema: “Pamartobat: nderek sangsara Dalem Sri Yesus amrih kalampah sejatining pamartobat,”  Kamis (28/2) Misa Novena Kedua di Taman Doa St. Maria Fatima Ngrawoh dilaksanakan. Perayaan Ekaristi tersebut berlangsung sangat semarak dan  khidmat. Cuaca yang mendung sehabis hujan tidak mengurangi semangat sekitar  600 orang yang dari berbagai lingkungan yang ada di Paroki Santa Perawan Maria  di Fatima Sragen untuk ambil bagian dalam Novena, bahkan terlihat umat yang datang dari luar paroki, antara lain dari paroki St. Yosef Ngawi.

Petugas liturgi pada Novena ini dari wilayah St. Yohanes Rasul Kedawung dan dimeriahkan oleh Paduan Suara Santa Monica. Perayaan Ekaristi dipimpin Romo Josafat Kokoh Prihatanto, Pr. Dalam ritus pembuka, Romo Jost mengajak umat untuk memiliki sikap HAMBA yang menjadi sikap iman selama perayaan Ekaristi berlangsung; Hangat, Andal, Militan, Bergembira, Aktual. Untuk semakin memperdalam semangat hamba ini, Romo Josh mengajak seluruh umat dengan mengangkat tangan kanan sambil mengucapkan kata hangat, andal, bergembira, aktual dengan bersorak.

Dalam homilinya, Romo Jost mengajak umat agar selalu memiliki “DUIT” yaitu: Doa, Usaha, Iman, dan Tobat. Keempat sikap ini adalah sikap yang diteladankan oleh Bunda Maria. Dan yang tidak kalah pentingnya Romo tidak henti-hentinya mengajak umat untuk meneladani Bunda Maria Fatima yang banyak mem­berikan teladan kepada umat, agar umat mendapatkan keselamatan.

Romo Jost Kokoh sangat piawai yang mengolah materi khotbah di hadapan  umat, walaupun dengan sedikit kurang fasih berbahasa Jawa. Hal itu semakin menghangatkan suasana dingin setelah diguyur hujan. Wilayah Yohanes Rasul Kedawung menjadi petugas liturgi pada perayaan Ekaristi. Paduan suara Monika merdu semakin memeriahkan Novena kedua ini.

Ke depan Taman Doa Santa Maria Fatima Ngrawoh diharapkan tidak hanya untuk doa Novena, tetapi juga sebagai tempat olah rohani lainnya seperti:  adorasi, devosi khusus, dan doa-doa lainnya yang bermanfaat untuk meningkatkan iman umat, agar semakin relevan dan signifikan. Selamat ber-Novena pada putaran berikutnya. (PWd)