Kunjungan di Penjara

Widoro (LENTERA) – “Allahku dasyat, berkuasa sluruh bumi sujud, menyembah tinggikan nama-Mu.”

Itu adalah penggalan salah satu lirik lagu yang dinyanyikan oleh para Narapidanabersama  Rm. Josh Kokoh, Frater, Pr. Perwakilan Dewan Paroki, Padrepio, OMK dan beberapa umat saat kunjungan di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Sragen, Minggu (31/03) yang lalu.

Kunjungan berlangsung hangat dan terjalin suasana yang akrab antara para narapidana dengan rombongan. Dalam kunjungan ini dilaksanakan Ibadat Singkat dengan perpaduan tatacara Katolik dan Kristen. Ibadat berlangsung meriah dengan pujian-pujian kepada Allah dan renungan dari rm. Jost bertemakan SAHABAT. SAtu, berHArap, dan berjaBAT.

Kunjungan ini bertujuan untuk memberi dukungan iman dan semangat baru kepada narapidana yang beragama Kristiani. Di LP Sragen ada sekitar 40 (empat puluh) narapidana pria dan satu narapidana wanita. Para narapidana tersebut tidak seluruhnya berasal dari Sragen, melainkan dari berbagai daerah di Indonesia seperti Solo, Medan, Nusa Tenggara dan lain sebagainya. Para narapidana tersebut terjerat dalam berbagai kasus hukum dan kebanyakan dari mereka terkena kasus narkoba dan pembunuhan dengan hukuman mulai dari dua tahun sampai seumur hidup.

Kunjungan ini juga sebagai salah satu follow up (tindak lanjut) oleh salah satu kelompok  Rekoleksi OMK di Jambangan pada bulan Januari yang lalu. Setelah kunjungan juga dilakukan sharing, ramah tamah dan pembagian sembako dan rosario kepada para narapidana. Baik juga kegiatan ini, menjadi program rutin. (Gogo)