Lomba Mencari Telur Paskah

Mageru (LENTERA) – Perayaan Paskah indentik dengan telur. Berbagai macam lomba kerap diadakan seperti lomba mewarnai telur Paskah, lomba mencari telur Paskah, atau pun dibagikan bingkisan Paskah untuk anak-anak yang di dalamnya tidak ketinggalan terdapat sebutir atau lebih telur yang sudah matang dan siap dinikmati.

Minggu (31/3), para Suster Fransiskan Sukabumi (SFS) Sragen mengadakan lomba mencari telur Paskah untuk anak-anak Katolik Paroki Sragen yang bertempat di halaman TK St. Anna untuk anak-anak pra TK – SD kelas III dan di kebun halaman para suster untuk anak SD kelas IV – VI.  Jumlah total anak yang hadir dalam acara ini kurang lebih 200 orang. Pada pukul 09.30 WIB, lomba mencari telur di halaman Sekolah TK diawali dengan berdoa, bernyanyi dan bergoyang bersama; sedangkan untuk peserta lomba di halaman Susteran diawali dengan perkenalan singkat mengenai Kongregasi Suster Fransiskan Sukabumi.

Kriteria menjadi juara dalam lomba ini bukan banyaknya jumlah telur yang didapat melainkan mencari telur yang ada gambar mahkota raja dan ratu. Lomba tersebut sangat meriah, beberapa anak mendapatkan banyak telur dan ada anak-anak yang tidak mendapatkan telur. Anak-anak yang memperoleh telur yang banyak diajak untuk berbagi dengan teman-teman yang tidak berhasil menemukan telur yang disembunyikan oleh para suster. Pesan untuk berbagi dengan sesama ini memang disampaikan dengan menggunakan permainan mencari telur.

Pada akhir acara lomba, untuk anak-anak yang mengikuti lomba di sekolah TK menerima bingkisan Paskah, doa penutup dan saling memberi ucapan: “Selamat Paskah!” Sedangkan untuk anak-anak peserta lomba yang di halaman Susteran dilanjutkan  dengan doa bersama di kapel susteran, pembagian bingkisan Paskah kemudian minum bersama di ruang makan para suster. “Sayonara, terimakasih anak-anak Paroki St. Maria de Fatima Sragen! Selamat Paskah, Alleluya!!” Kata Suster-suster SFS dengan ramah kepada anak-anak yang hadir. (Suster SFS)