Pertemuan Mazmur dan Dirigen

Paroki Sragen ( LENTERA ) – Pertemuan pemazmur dan dirigen diadakan pada hari Minggu (21/7) dilaksanakan setelah misa kedua bertempat di aula SMP Saverius 1 sragen. Ternyata peserta yg mengikuti pertemuan pemazmur dan dirigen ini nampak antusias, dilihat dari banyaknya jumlah peserta yang turut serta. Dari target sekitar 150 ternyata terdapat 109 peserta yg hadir baik dari pemazmur maupun dirigen. Dalam pertemuan ini dibimbing oleh Romo Robertus Hardiyanta. Pr yang juga selaku pengisi pokok materi pada waktu itu, dan juga panitia yg lain yakni bapak Yustinus Sri Winarno selaku Ketua Bidang Liturgi dan Peribadatan, bapak Marcelus Dedy Suparno selaku Koordinator Tim Kerja Pemazmur serta mbak Matrona

Lismaretarini sebagai anggotanya, mbak Agatha Yani Dwi Kristiawati selaku Koordinator Tim Kerja Paduan Suara bersama mbak Gaudeliva Herlin Agustina dan Ibu Lusia Tri Hartati sebagai anggotanya. Acara dimulai pukul 09.30 WIB, diawali dengan doa pembukaan lalu dilanjutkan sepatah dua patah kata sambutan. Sampai akhirnya masuk kepada acara inti yakni pemberian materi oleh Romo Hardi. Romo Har memulai memeberi materi awal dengan menjelaskan seperti kegunaan musik, macam-macam jenis musik yg sekarang ada di sekitar kita, ketentuan-ketentuan Gereja tentang keberadaan musik didalam perayaan ekaristi, bagaimana musik itu sebagai sarana umat untuk semakin memperdalam perayaan ekaristi lewat para pemazmur dan dirigen dalam paduan suara. Kemudian, bagaimana musik dan pemazmur serta paduan suara dapat menggambarkan tentang lagu yg sedang mereka bawakan yang sesuai dengan suasana pada bulan itu atau hari besar lainnya.

Dalam pertemuan ini Romo Har juga menjelaskan bagaimana cara bernyanyi yg baik dan benar, bagaimana cara memilih lagu yg sesuai, tips dan trik untuk mempelajari lagu baru dan menangani permasalahan nada dasar dalam paduan suara, dan sebagainya. Setelah cukup dengan penjelasan acara dilanjutkan dengan tanya jawab dari peserta kepada Romo. Ada beberapa pertanyaan yang diajukan oleh peserta dan langsung dijawab langsung oleh Romo.

Sembari Romo menjawab pertanyaan panitia membagikan selebaran surat persetujuan menjadi anggota paguyuban dirigen dan pemazmur. Sebelum pak Yus menutup acara dengan doa penutup dan berkat dari Romo, mbak Lilin sedikit memberikan tips untuk mempermudah mengingat lagu baru saat berlatih koor atau paduan suara. Pertemuan yang sangat berkesan dan bermanfaat. Acara selesai sekitar pukul 12.15, tapi akan disusul pertemuan berikutnya di waktu berikutnya. (Guerika Yucky FW)