Ziarah & Kunjungan Rohani OMK Sragen

ORANG MUDA ITU, MASA DEPAN GEREJA!

ziarah

Yogyakarta (LENTERA) – Orang Muda Katolik (OMK) dan Forum Komunikasi Pelajar Katolik (FKPK) Paroki Sragen mengadakan ziarah ke Gua Maria Lourdes Sendangsono & kunjungan ke Seminari Tinggi St. Paulus Kentungan Yogyakarta, Sabtu dan Minggu (16-17/11). Pukul 19.00, sejumlah 95 orang peziarah berangkat dari Gereja St. Perawan Maria Fatima Sragen, setelah sebelumnya Pastor Robertus Hardiyanta mendoakan dan memberikan berkat kepada para peziarah.

Rombongan tiba di Slanden pada pukul 23.00 dan melanjutkan perjalanan menuju Paroki Promasan  yang jaraknya kurang lebih 5 km dengan berjalan kaki melalui jalan yang naik turun. Setelah sampai, rombongan sejenak beristirahat dan kemudian melakukan doa jalan salib di dalam 5 kelompok kecil. Pagi harinya, peserta melakukan berdoa pagi yang dipimpin oleh Fr. Rony, dilanjutkan dengan sarapan dan berkeliling Gua Maria. Pukul 09.00, seluruh peserta berjalan kaki dengan semangat dan gembira kembali Slanden.

Di Seminari Seminari Tinggi St. Paulus Kentungan Yogyakarta, rombongan disambut oleh para Frater, dan dilanjutkan dengan makan siang  ‘ala Seminari di refter’ (red. ruang makan). Setelah itu melakukan Perayaan Ekaristi yang dipimpin oleh Pastor Yogo Prasetyanto. “Setiap hari kita pasti menemui pertanyaan-pertanyaan yang sulit untuk dijawab, misalnya ketika masih lajang, kita akan ditanya: kapan kita akan punya pacar? Setelah punya pacar, akan ada pertanyaan: kapan mau menikah? Setelah menikah, ada pertanyaan: kapan punya anak? Setelah punya anak satu, ada pertanyaan: kapan akan tambah anak? Setelah itu, ada pertanyaan: kapan meninggal? Semua hal itu akan kembali kepada Tuhan, manusia pasti akan meninggal. Dan apa yang sudah kita lakukan untuk memberikan diri kita pada pelayanan Tuhan? Kita  bisa menjawab panggilan Tuhan dengan mengabdikan diri masuk ke Seminari. Intinya kita harus selalu peka pada bisikan-bisikan dari dalam hati,” kata Pastor Yogo menyampaikan pesan homilinya.

Usai misa, para peserta diajak berkeliling kompleks Seminari di dalam beberapa kelompok kecil yang didampingi oleh para frater. Kunjungan diakhiri dengan ibadat penutup di Kapel St. Paulus yang dipimpin oleh Frater Hendi Kiawan. Fr Hendy memberikan renungan: “Gereja membutuhkan kaum muda. Kaum muda perlu ‘masuk ke dalam Gereja’ yang punya banyak wadah seperti REKAT, FKPK dan OMK.”

“Orang Muda Katolik harus berani berkorban demi hal yang lebih baik, seperti apa yang telah dilakukan Yesus yang rela mati di kayu salib untuk menebus dosa-dosa manusia. Cinta matilah pada salib!” tutur Fr. Hendy menambahkan.

Pukul 18.00 peserta bertolak kembali menuju Sragen, dengan membawa banyak pengalaman dan nilai-nilai positif. “Kegiatan semacam ini selain untuk mempertebal iman, menumbuhkan benih panggilan, juga mempererat tali persaudaraan antar kaum muda di Paroki Sragen,” kata Bintoro Aji memberikan kesannya. (FKPK)