Misa Syukur Memperingati Imlek: Ikuti Maria Lewat Ekaristi Kudus,

IMG_2040

Paroki Sragen (LENTERA) – Perayaan Ekaristi Syukur Imlek dilaksanakan oleh umat Gereja Paroki St. Perawan Maria Di Fatima Di Sragen  pada hari Minggu (2/2). Misa tersebut dipimpin oleh Romo Robertus Hardiyanta Pr dengan tema ‘Ikut Maria Lewat Ekaristi Kudus.’ Misa tersebut merupakan bentuk rasa syukur atas perayaan tahun China karena berkat keselamatan yang berasal dari Tuhan. Lampion merah yang menjadi ciri khas dan identik dengan Imlek tak lupa dipasang sebagai ornamen. Misa Imlek pada tahun ini bertepatan dengan Pesta Yesus Dipersembahkan ke Bait Allah.

Pada misa kali ini ada sebuah aksi kepedulian gereja terhadap korban bencana alam yang sedang melanda di Indonesia dengan mendonasikan kolekte kedua umat untuk para korban bencana tersebut, sehingga tidak ada suasana pesta dan tidak ada angpau, kue keranjang, juga pertunjukan Barongsai.

Pada homilinya Romo Hardi berbicara  tentang sejarah Perayaan Imlek dirayakan di Negara Indonesia yang berakar pada penghargaan akan keragaman suku budaya berdasarkan semangat Bhineka Tunggal Ika  yang mempunyai arti berbeda-beda tetapi tetap satu. Romo Hardi juga mengajak umat untuk saling menghargai dan menghormati perbedaan dan menjadikan perbedaan itu indah. Dalam hubungannya dengan Perayaan Pesta Yesus dipersembahkan ke Bait Allah, Romo Hardi mengajak umat untuk meneladan Keluarga Kudus Nasaret taat kepada Tuhan dengan intensif pada pendampingan iman anak usia dini, orang muda, dewasa dan usia lanjut, dan mengajak umat untuk lebih peduli dan peka terhadap keadaan di sekitar.