OMK Sragen Isi Retret SMK Marsudirini Surakarta: Mimpi Adalah Kunci

Tawangmangu (Lentera) – OMK Paroki Sragen kembali dipercaya untuk mengisi retret. Kali ini giliran kelas XII SMK Marsudirini Marganingsih yang meminta pelayanan tersebut. Peserta merupakan kelas XII yang nantinya akan mengikuti ujian-ujian untuk mencapai kelulusan dari sekolah tersebut.

SMK Marsudirini Marganingsih memiliki 3 jurusan, yaitu Tata Boga, Tata Busana dan yang terbaru adalah Desain Komunikasi Visual (DKV). Kelas XII terdiri dari 76 siswa-siswi yang terdiri dari satu kelas Tata Busana dan dua Kelas Tata Boga. Retret yang dilaksanakan di Rumah Khalwat Santa Maria yang dikelola oleh para suster Notre Dame (SND) ini, dilaksanakan selama tiga hari (3-5/2).

Maksud dan tujuan dari pihak sekolah untuk mengadakan retret ini adalah untuk menguatkan para murid secara spiritual, agar mereka siap menghadapi ujian-ujian. Selain itu, diharapkan mereka juga mendapatkan bekal ketika sudah lulus dari SMK tersebut, supaya juga mampu menjadi pribadi yang memang benar-benar siap terjun ke dunia nyata.

Selama tiga hari mereka diajak untuk mengenali diri dan mengenali orang lain. Mengenali sifat positif, sifat negatif dan karakter masing-masing dengan beberapa pengolahan dan refleksi. Pelajaran untuk memahami orang lain dilakukan melalui dinamika outbound di lokasi retret yang sangat mendukung sesi ini. Setelah mereka mengenali diri dan orang lain, mereka diajak untuk membuat impian-impian jangka pendek dan jangka panjang. Mereka juga diminta membuat rencana pribadi untuk untuk masa depan, membuat solusi-solusi untuk kepribadian mereka yang kurang baik demi meraih impian mereka. Retret tiga hari tersebut diakhir dan diteguhkan dengan misa penutup dipersembahkan oleh Romo Joshafat Kokoh Prihatanto, Pr.