Pertemuan & Pelatihan Pemazmur & Dirigen

IMG-20140417-WA0000

Paroki Sragen (LENTERA) –  Pertemuan dan Pelatihan Pemazmur – Dirigen se-Paroki Sragen diadakan Minggu (23/03) mulai pukul 09.30 s.d. 11.10 WIB bertempat di ruang pertemuan pastoran dan dihadiri 54 orang yang adalah utusan dari lingkungan-lingkungan yang ada di Paroki Sragen.

Pelatihan ini merupakan kelanjutan dari latihan yang pertama pada bulan Februari 2014 lalu. Tema yang diambil kali ini adalah: “ Nyanyian Gregorian tahap II “.   Latihan diawali dengan doa pembuka oleh Marcellus Dedy Suparno (Koordinator  Tim Kerja Pemazmur ) lalu dilanjutkan dengan sambutan yang disampaikan oleh Bp. Yustinus sri Winarno ( Ketua Bidang Liturgi dan Peribadatan ). Dalam sambutannya disampaikan bahwa pemazmur merupakan pelantun sabda maka perlu dilaksanakan dengan baik dan benar sehingga sabda Tuhan dapat diterima dengan mudah oleh seluruh umat dan ditambahkan bahwa musik Gregorian merupakan” mbahnya”  (nenek moyang) dari segala jenis musik yang ada sampai pada saat ini. Gregorian merupakan musik gereja,  diharapkan umat tidak alergi, maka perlu dipelajari terlebih dirigen dan pemazmur terlibat lebih dalam dalam pelayanan gereja.

Latihan sesi I disampaikan oleh Frater Rony yang diawali dengan menyanyikan lagu  “Asperges me”. Istilah Gregorian berasal dari nama Paus Gregorius I (Gregorius Agung). Gregorian merupakan lagu monopoli yaitu lagu vokal yang hanya menggunakan satu suara dan ada dua jenis lagu Gregorian : sillabis yaitu satu suku kata mendapatkan satu nada , melismatis yaitu satu suku kata mendapatkan banyak nada serta ada 8 tangga nada dalam lagu Gregorian.

Selesainya penyampaian materi oleh Frater Rony dilanjutkan dengan latihan menyanyikan lagu-lagu Gregorian secara bersama-sama.  Pada sesi II diisi oleh Mbak Lilin tentang olah vokal, tapi kali ini hanya sebagai pembuka untuk latihan berikutnya pada bulan April minggu ke -4. Diharapkan yang belum hadir bisa bergabung pada latihan ini. Pertemuan dan latihan kali ini diakhiri dengan doa penutup oleh mbak Agata dan berkat oleh Rm. Yamto.(JS)