SEKOLAH IMAN: Memohon Kerahiman Ilahi & Indulgensi penuh

Paroki Sragen (LENTERA) – Sekolah Iman adalah suatu kegiatan yang dilakukan sebagai persiapan menyambut Paskah. Kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 20 Maret sampai dengan 13 April. Tema yang diangkat dan diwartakan yaitu: Kerahiman Ilahi.  Sub-tema yang diwartakan dalam sekolah iman tersebut berdasar pada suatu tulisan yang dibuat oleh Santa Faustina yaitu: “Aku mau memberikan pengampunan dosa (indulgensi) kepada jiwa-jiwa yang pada Pesta Kerahiman Ilahi, pergi ke pengakuan dosa dan menyambut Komuni Kudus.”

Pengisi Sekolah Iman tersebut adalah Tim Dua Belas Rasul bersama dengan Pastor Josh Kokoh. Tim ini berkeliling ke 11 wilayah di Sragen untuk mengajak umat memohon penghapusan semua dosa besar dan dosa kecil. Sekolah iman tersebut menyampaikan bahwa indulgensi penuh diberikan kepada setiap orang dengan 3 syarat, yaitu mengaku dosa, mengikuti novena kerahiman ilahi,  merayakan Ekaristi dan menyambut komuni kudus pada hari Raya Kerahiman Ilahi, sedangkan indulgensi sebagian diberikan kepada setiap orang beriman yang sekurang-kurangnya dengan hati bertobat, berdoa kepada Yesus yang Maha Rahim dengan mengucapkan suatu seruan yang disahkan secara resmi, dan bagi yang tidak dapat datang ke gereja atau yang sakit berat dapat memperoleh indulgensi pada Minggu Kerahiman Ilahi bila mereka menolak dosa dan segera mungkin memenuhi ketiga syarat di atas dan berdoa Bapa Kami dan Aku Percaya di hadapan gambar Kerahiman Ilahi.

Sekolah iman di setiap Wilayah tersebut diawali dengan doa Koronka kemudian dilanjutkan dengan pewartaan mengenai Harapan, Iman, dan Kasih (red. sering disingkat dengan HIK), serta penjelasan tentang besarnya kerahiman Allah oleh Romo Jost Kokoh Prihatanto, dan kemudian diskusi. “Sebenarnya acara ini cukup melelahkan, namun  kami bahagia menerima janji Tuhan yang akan menghapus dosa-dosa kita. Allah Maharahim. Tuhan Engkaulah Andalanku,” kata salah seorang dari Tim Dua belas Rasul.