Kunjungan Paguyuban-Paguyuban Paroki Sragen Ke Panti Raharjo

Sragen (LENTERA) – Minggu (25/5), orang muda Katolik (OMK), Forum Komunikasi Pelajar Katolik (FKPK), wanita Katolik Republik Indonesia (WKRI), Padre Pio, perwakilan Dewan Paroki, ditambah beberapa umat, dan didampingi oleh Pastor Jost Kokoh dan Pastor Yamto mengadakan Kunjungan ke Panti Raharjo Mojomulyo dan Gambiran,. Rombongan dibagi menjadi dua, sebagian ke Panti Raharjo mojo dan yang sebagian lagi ke Gambiran, Pukul 10.00. Acara ini diadakan dengan tujuan untuk menumbuhkan rasa kepedulian terhadap sesama, terutama sesama yang menyandang tuna grahita, selain itu juga bertujuan untuk mempererat persaudaraan antara kelompok paguyuban di Paroki Sragen.

Acara berlangsung sangat meriah, dan banyak diikuti oleh penyandang tuna grahita di panti tersebut, yakni sekitar 35 orang laki-laki di Panti Raharjo Gambiran dan 66 orang perempuan di Panti Raharjo Mojo. Acara dibuka oleh Romo dengan memberikan peneguhan, dilanjutkan dengan menyanyi bersama, diiringi oleh teman-teman OMK dan FKPK. Suasana seketika cair ketika beberapa teman-teman kita penyandang tuna grahita ikut bernyanyi dan bergoyang. Bahkan beberapa dari mereka mampu menyanyikan lagu. Setelah selesai bernyanyi, dilanjutkan acara makan bersama. Setelah semua selesai makan, kami diajak untuk berkeliling panti dan melihat keadaan di sekitar panti. Selesai berkelilling kami berpamitan pulang kembali ke gereja.

Kesan dan pesan yang diberikan oleh Ibu Haryanti, salah seorang pengurus asrama tersebut yakni hendaknya kegiatan-kegiatan seperti ini dilakukan secara berkelanjutan dan diharapkan terjalin kerjasama. “Kegiatan seperti ini sangat perlu diadakan secara berkelanjutan, karena dapat menumbuhkan rasa peduli dan berbagi kita kepada sesama. Kawula mung saderma, mobah-mosik kersaning Hyang Sukmoa,” kata salah seorang peserta kunjungan memberikan kesan. (Dn)