Penyegaran Rohani OMK Sragen: Sekarang Gue Besok Elu

Jenawi (LENTERA) – Dalam upaya untuk memperkenalkan lembaga hidup bakti, serta menumbuhkan minat hidup bakti  sebagai imam, bruder, suster kepada kaum muda, Suster Fransiskan Sukabumi (SFS), Bruder Maria Tak Bernoda (MTB), Frater dari ordo OFM, dan serta Frater dari Projo KAS, melakukan kegiatan rohani untuk orang muda Katolik St. Perawan Maria Fatima Sragen. Kegiatan ini juga sebagai suatu bentuk pemberian motivasi kepada kaum muda untuk lebih aktif di dalam hidup menggereja.

Penyegaran rohani ini diselenggarakan di Gereja Animasi St. Yakobus Jenawi, pada hari Sabtu-Minggu (14-15/6) dan mendapatkan respons yang cukup besar. Sebanyak kurang lebih 40 orang ikut terlibat mengikuti kegiatan ini.

Tema yang diangkat cukup membuat penasaran kaum muda sendiri: “Sekarang Gue Besok Elu.” Dalam penjelasannya, Sr. Olga SFS menjelaskan bahwa tema ini diangkat dari inspirasi karya perutusan Yesus untuk menebus umat dan menyelamatkan dunia. Kalimat sekarang Gue, besok elu seakan menjadi ajakan dari Yesus kepada kaum muda untuk ikut serta dalam mengabarkan warta sukacita Injil. Sr. Olga berkata bahwa Yesus yang setia melaksanakan tugas perutusan dari Allah mengundang orang muda Katolik untuk melanjutkan karya-karya Yesus di dunia. Yesus yang telah menyelesaikan misinya di dunia dengan sengsaranya dalam perjalanan salib, wafat di salib, dan bangkit, mengundang kaum muda untuk terlibat aktif  dalam kehidupan menggereja, yang terutama menganggapi panggilan sebagai imam, bruder, suster. Suster Olga menambahkan bahwa di Keuskupan Agung Semarang sendiri jumlah imam sangat sedikit, hal itu berbanding terbalik dengan jumlah umat yang semakin banyak, karenanya perlu ada kemauan hati dari orang muda untuk menanggapi panggilan khusus ini.

Tidak sedikit kaum muda merasakan acara ini sangat berdaya guna terutama dalam semangat menggereja, banyak respon positif diberikan oleh kaum muda misalnya dari media jejaring sosial. Keinginan dari kaum muda yaitu agar kegiatan semacam ini bisa diadakan lagi di kemudian hari. (Sr. Olga/Komunitas SFS