Rekoleksi REKAT: “Aku Mandiri tapi Aku Tak Sendiri”

Tawangmangu (LENTERA) – Remaja Katolik (REKAT) Paroki St. Perawan Maria di Fatima Sragen mengadakan rekoleksi dengan tema “Aku Mandiri Tapi Aku Tak Sendiri” pada hari Jumat hingga Minggu (27-29/6). Kegiatan yang bertempat di salah satu villa di Tawangmangu, Karanganyar ini diikuti oleh 40 orang perserta, 7 orang panitia, dan didampingi oleh 15 orang fasilitator.

Pada hari pertama, sebelum rombongan berangkat ke Tawangmangu, Pastor F.X. Suyamta memberikan motivasi kepada REKAT agar senantiasa semangat, dan kemudian memberikan doa dan berkat kepada mereka. Pada sesi pertama, peserta diajak untuk meninggalkan segala masalah yang dirasakan, dan mencoba mengenali kemampuan, kekuatan, kelemahan diri sendiri dengan cara merefleksikan pengalaman hidup mereka dengan sebuah film yang mereka tonton bersama-sama.

Peserta diajak untuk belajar mandiri dan belajar bekerjasama melalui pengolahan-pengolahan yang diberikan fasilitator pada kedua, Sabtu (28/6). Pengolahan tersebut sampaikan fasilitator dengan bentuk permainan dan outbound yang menumbuhkan sikap mandiri dan sikap bekerja sama pada diri peserta. Acara pengolahan hari kedua ini ditutup pengolahan malam dengan mengajak peserta untuk  merefleksikan pengalaman hidup mereka dan doa peneguhan.

Pada hari Minggu pagi (29/6), peserta, panitia, fasilitator berjalan ke Gereja Santa Maria Tawangmangu untuk merayakan Ekaristi bersama umat Paroki Karanganyar. Kemudian dilanjutkan dengan pengolahan singkat dari fasilitator. Pada acara terakhir rekoleksi tersebut yaitu pemilihan formatur, terpilihlah lima orang yaitu: Billy (Ling. Mojo), Maria (Ling. widoro), David (Ling. Candi), Asti (Ling. Kutorejo),dan Vina (Link. Margo asri). Kelima orang formatur inilah yang akan membentuk REKAT menjadi suatu paguyuban dan yang akan membentu kepengurusan Rekat angkatan 2014-2015. (REKAT).