Mulai Agustus 2014, Pelajaran Baptis Dewasa di Gereja Paroki

Paroki  Sragen (LENTERA) – Tim Kerja Katekese Dewan Paroki Sragen menetapkan bahwa mulai bulan Agustus 2014 Pelajaran Baptis Dewasa untuk para Katekumen (calon baptis dewasa) akan dipusatkan di Paroki, dilaksanakan setiap hari Senin pukul 16.00 bertempat di Gereja Paroki Sragen. Namun bagi lingkungan yang sudah mengadakan pelajaran baptis bisa terus dilanjutkan.

Untuk bisa dibaptis dalam Gereja Katolik, para katekumen wajib mengikuti pelajaran baptis selama satu tahun, melalui tiga tahapan serta Triduum dan puncaknya adalah pelaksanaan baptisan dewasa pada Misa Malam Paskah di Gereja Paroki.

“Sebelumnya pelajaran baptis ini diserahkan kepada para Katekis (guru agama) lingkungan untuk mengada­kan pelajaran di  lingkungan masing-masing, namun dari 47 lingkungan yang ada di Paroki Sragen, ternyata hanya beberapa katekis lingkungan saja yang aktif mengadakan pelajaran, sehingga jika ada calon baptis yang ingin mengikuti pelajaran baptis di lingkungan yang tidak aktif tersebut tidak mendapat pelayanan maksimal.

Berkaitan dengan hal tersebut, maka Tim Katekese Paroki Sragen sepakat mulai sekarang pelajaran Baptis diadakan di Gereja Paroki seminggu sekali agar bisa melayani para katekumen secara  maksimal dan lebih fokus.  Mereka tidak bingung lagi kemana  akan mengikuti pelajaran baptis,”demikian diungkap Bp. Yohanes Sukimin (Koordinator  Tim Kerja Katesese Dewan Paroki Sragen).

Bagi yang ingin mengikuti pelajaran baptis dewasa, bisa datang dan mendaftar di kantor Sekretariat Paroki Sragen (setiap hari jam kerja ) dengan mengisi formulir yang telah disediakan dan untuk selanjutnya langsung datang mengikuti pelajaran setiap Senin sore di Gereja Paroki. Karena pelajaran dilaksanakan selama satu tahun, disarankan mulai sekarang mendaftar dan mengikuti pelajaran karena ada tiga tahapan baptisan yang akan dilalui. Tidak diperkenankan terlambat mendaftar atau ambil jalan pintas,  baru mendaftar dan mengikuti pelajaran pada saat menjelang pelaksanaan baptisan. (dn)