Sabda-Mu Pelita Bagi Hidupku

images (2)Sekalipun yang kita lakukan hanya membaca dan menulis untuk orang buta, atau hanya duduk dan mendengarkan seseorang, atau mengunjungi seseorang , atau mengambil surat untuk seseorang, ataumembawakan bunga untuk sesorang, atau mencucikan pakaian untuk seseorang, atau membersihkan rumah, semuanya itu nampaknya hanya perkara-perkara sepele, tetapi bagi Allah semua itu adalah perkara besar. (Mother Theresa)

Melayani Tuhan sebagai perpanjangan taganNYa adalah suatu perbuatan mulia apapun kepercayaan kita Tuhan tidak saja melihat perbuatan kita DIA juga melihat hati kita Tuhan tau pelayanan yang kita lakukan atas dasar dan tujuan apa ? Tujuan seseorang untuk mendekatkan kepada Allah melalui sabdaNYA adalah anugerah iman banyak orang menganggap bahwa menolong orang lain harus menunggu hidup kita berlimpah.

Tetapi sebenarnya, begitu banyak perwujudan cinta dalam perbuatan yang sederhana seperti yang telah Tuhan teladankan melalui sabdaNYA. SabdaNYA sebernarnya dapat kita teladankan dalam kehidupan sehari-hari. Baik dirumah, tempat kerja, dan dilingkungan sekitar kita. Setiap perbuatan –perbuatn yang nampaknya kecil dan sepertinya tidak terlihat oleh mata tetapi bisa dirasakan oleh hati. Tetapi pada kenyataannya banyak kepribadian yang arogan karena memiliki kedudukan, popularitas dan kesuksesan, mereka yang seharusnya bisa menjadi jembatan untuk bisa menjadi berkat untuk banyak orang tetapi kenyataanya banyak yang justru seperti gelas kristal yang hanya bisa dilihat tetapi tidak bisa disentuh. Mereka memiliki kekayaan yang berlimpah-limpah bahkan hampir tenggelam diantara barang-barang yang dimilkinya, namun tidak bisa merajut jarinagan cinta yang digunakan untuk menjala jiwa-jiwa yang kekurangan.

Tidak bisa dipungkiri bahwa dalam pelayanan sering terjadi gesekan karena suatu permasalahn yang akan menimbulkan rasa benci sehingga memicu permusuhan. Bahkan dalam sebuah pelayanan gereja yang seharusnya apa yang kita lakukan hanya berpusat untuk melayani Allah saja mulai terjadi pergeseran tujuan.bahkan orang mulai berlomba-lomba untuk melayani dengan menonjolkan diri yang akhirnya rentan terhadap gesekan yang memicusuatu permasalahan muncul.

Dewasa ini, melalui sabdaNYA Yesus datang lagi kepada umat manusia milikNya dan kepunyaanNya, dia datang dari bdan yang busuk dari orang-orang miskin bahkan DIA datang didalam diri orang kaya yang tercekik oleh hartanya. DIA datang di dalam hati mereka yang kesepian dan juga yesus datang pada anda dan saya, melalui sabdaNYA pula Yesus memberi sinar bak Pelita Bagi Hidup Kita, seperti yang pernah ditulis oleh ibu Theresa setiap manusia dipakai Tuhan untuk menjadi bejananya didunia. Tuhan mau melalui sabdaNYA kita peka terhadap suara Tuhan yang berkehendak dalam sanubari kita. Terkadang kita merasa biasa-biasa saja ketika mengalami suatu peristiwa sehingga tidak tanggap bahwa ada sesuatu yang terkandung dalam pertemuan kita dengan orang lain.

Saatnya kita mulai meraba diri melalui suara hati, apakah yang sudah kita lakukan selama ini dengan orang-orang dilingkungan kita yang terdekat sebelum menjangkau yang lebih luas.oleh karena itu hendaknya kita menjalankan segala hal dengan baik jadikan hidup kita sebagai penyertaan kebaikan Allah, baik dalam tatapan mata, tutur kata dan tindakan kita. Memang tidak mudah diterapkan dalam hidup kita saat ini karena beban semakin lama semakin berat. Kita dituntut oleh sabdaNYA untuk meghargai waktu, karena waktu kita hidup didunia ini sangat terbatas.

Setiap hari Tuhan mau kita memperbaiki dengan penuh kesadaran dan Iman, seharusnya kita bisa merasakan bahwa setiap hari baru adalah berkah. Untuk merespon sabdaNYAkita perlu melatih kepekaan suara hati, terkadang rutinitas mengaburkan iman kita, sehinga SabdaNYA tidak mudah kita tanggapi. Menyediakan waktu untuk berkomunikasi dengan Tuhan dapat membantu melatih kepekaan suara hati dan mengenali sabdaNYA yang akan menjadi pelita bagi kita.

MV Ani Rahayu