Kunjungan Keluarga Dewan Paroki (KKDP)

kunjungan

Tenggak (LENTERA) – Tim Kunjungan Keluarga Dewan Paroki (KKDP) Sragen, Senin, (10/10) mengadakan kunjungan ke Lingkungan Tenggak. Kunjungan tersebut merupakan lanjutan kunjungan sebelumnya yang dilakukan pada tanggal 06 Oktober. Kunjungan ke Lingkungan Tenggak tersebut dilakukan 2 tahap dan setiap tahap kunjungan dilakukan oleh 2 Tim KKDP sehingga keluarga-keluarga yang dikunjungi dan tim  memiliki waktu yang lebih banyak untuk saling mendengarkan.

Tim KKDP yang terdiri dari Pastor Paroki, Dewan Paroki, Suster dari Yayasan Mardi Lestari dan Tim Kerja Pendampingan Keluarga tersebut memulai kunjungannya sekitar pukul 16.30 dan berakhir sekitar pukul 21.00 WIB.

Kunjungan selama ± 30 menit untuk masing-masing keluarga memberikan kesempatan kepada setiap anggota keluarga di Lingkungan Tenggak dan tim KKDP untuk saling memperkenalkan diri, berbagi pengalaman, menyampaikan keprihatinan yang dialami oleh keluarga,saling memberikan peneguhan, menyampaikan aspirasi, permohonan doa, pemberian sakramen minyak suci kepada umat yang membutuhkan dan sebagainya. Setiap kali kunjungan kepada keluarga selalu diakhiri dengan doa bersama dan berkat dari pastor paroki.

KKDP memang bukan bersifat “sidak” atau “turba” sehingga dari kegiatan kunjungan tersebut terlihat bahwa mayoritas keluarga yang dikunjungi merasa senang, hal ini bisa dirasakan dari sikap antusias dan sambutan hangat dari keluarga yang dikunjungi. Umat dan tim mengalami sapaan kasih dan saling meneguhkan, aspirasi umat bisa tersalur secara langsung kepada dewan paroki sehingga dewan paroki diharapkan bisa menemukan cara berpastoral yang tepat dengan mengetahui kondisi umat secara konkrit.

Pada akhir Kunjungan Keluarga Dewan Paroki tahap kedua di Lingkungan Tenggak tersebut tim KKDP dan pengurus lingkungan kemudian melakukan evaluasi kunjungan dan menginvetarisasi hal-hal yang membutuhkan pendampingan lanjut kepada keluarga-keluarga tertentu antara lain pemberesan perkawinan, permohonan kemurahan rohani, konsultasi secara pribadi kepada pastor paroki dan sebagainya. KKDP ini akan menjadi program rutin Dewan Paroki St. Perawan Maria Di Fatima Sragen yang akan dilaksanakan untuk waktu yang akan datang kepada keluarga-keluarga di lingkungan lain.