Retret SMA Negeri 1 Sragen: “Be One Hundred Percen With Jesus”

sma1

Ambarawa (LENTERA)– Be One Hundred Percen With Jesus itulah yang menjadi tema retret Sabtu (31/1) dan Minggu (1/2). Retret ini diadakan dalam rangka peringatan hari raya Natal tahun 2014, di Gua Maria Kerep Ambarawa, diikuti siswa-siswi Katolik dan Kristen SMA N 1 Sragen. Pada pukul 19.00 sesi pertama dilaksanakan di ruang kaca. Orang muda Katolik mendapatkan kesempatan untuk memandu retret dan Pada sesi ini, peserta retret diajak untuk belajar bagaimana menjadi pribadi yang 100% punya hati yang melayani, peka terhadap keadaan sekitar, dan menjadi pribadi yang meneladan Kristus. Sebagai penutup pada sesi pertama diadakan doa Jalan Salib.

Setelah perayaan Ekaristi di Gereja Katolik Santo Yusup, siswa-siswi SMAN 1 mengikuti out bound. Dalam out bound  ini, peserta retret diajak  untuk menghadapi berbagai simulasi yang mempunyai tujuan untuk membangun kerjasama tim, rasa peka terhadap orang lain, dan saling melayani satu lain dengan menggunakan permainan-permainan sederhana seperti menyeberangi sungai, lompat tali, mengejar cintanya, estafet karet, mengambil koin dalam baskom menggunakan mulut, dan melindungi ratu. Peserta retret sangat bergembira dengan permainan-permainan yang dilakukan, walaupun badan mereka kotor.

Pada penutup retret, guru agama SMAN, Bapak Puguh, yang mendampingi anak-anak memberikan sepatah dua patah kata tentang pelaksanaan kegiatan tersebut. Semua peserta retret dan fasilitator meninggalkan lokasi pukul 14.30.

“Retret ini sangat berkesan, indah, tak terlupakan. Kami dapat akrab satu dengan yang lain dan mendapatkan bekal spiritual di masa muda kami. Retret seperti ini sebaiknya tetap dilaksanakan setiap tahun untuk membangun iman masing-masing peserta,” kata Paskalis, yang menjadi ketua panitia retret, memberikan kesan.(Rokat Smansa)