Rekoleksi Panitia Ad Hoc Paskah 2015

Paroki Sragen (LENTERA) – Minggu (8/3), Panitia Ad Hoc Paskah 2015 mengadakan adalah Rekoleksi. Hal ini adalah satu rangkaian kegiatan panitia Ad Hoc yang dimulai dengan pengesahan panitia Ad-Hoc pada  Rabu, 4 Maret oleh Pastor Paroki berserta Dewan Harian Paroki St. Perawan Maria di Fatima Sragen.

Bertempat di aula SMP Saverius 1 Sragen dan dihadiri oleh segenap Panitia Ad Hoc Paroki  serta Panitia Ad Hoc di Wilayah yang merayakan Pekan Suci di Kapel Wilayah termasuk seluruh ketua lingkungan yang ada di Paroki Sragen dan juga Dewan Harian Paroki. Dari keseluruhan undangan yang diedarkan ternyata hanya 50% yang memenuhi undangan panitia Ad Hoc Paroki. Akan tetapi acara tetap berjalan dengan lancar dan sangat bermakna bagi segenap yang hadir. Rekoleksi dibuka dengan doa pembuka dilanjutkan pengantar singkat dari Ketua Umum Panitia Ad Hoc Paskah Bp. YLA. Ibnu Sugiarto kemudian renungan dari Injil Yoh. 2:13-25 dengan nara sumber utama Pastor Robertus Hardiyanta, Pr.

Rekoleksi itu sungguh membuat segenap panitia yang hadir benar-benar menyadari akan arti pentingya masuk dan terpilih dalam kepanitiaan Ad Hoc. Dalam arahannya Pastor Hardi menekankan arti pertobatan dalam masa prapaskah ini, bahwa menjalankan tugas sebagai panitia Ad Hoc sekecil apapun itu merupakan bentuk pertobatan dan persiapan menyambut Kebangkitan Tuhan sehingga menjadi sangat berarti. Latihan atau gladi untuk persiapan perayaan Pekan Suci itu pun juga merupakan bentuk berpantang dan bermatiraga. Dalam arahannya Pastor Hardi juga menekankan bahwa  Prapaskah yang berarti Retret Agung mempunyai dua ciri, yang pertama Mengenang dan mempersiapkan Pembaptisan dan yang kedua Membina Pertobatan. Persiapan atau Prapaskah selama 40 hari dilanjutkan dengan minggu paskah ( masa sesudah paskah )  40 hari. Selain itu selama perayaan Pekan Suci merupakan perayaan yang sangat penting dan merupakan nafas hidup gereja katolik. Sehingga itulah alasannya mengapa Paskah harus dipersiapkan sedemikian rupa dan melibatkan seluruh umat katolik. Acara ditutup pada pukul 12.45 menit dengan doa oleh Bp. HY. Sudiyono dan Berkat oleh Pastor Robertus Hardiyanta, Pr.

Segenap panitia wilayah andreas  mengucapkan terimakasih atas kesediaan Bp. Ibu dan seluruh umat yang terlibat dalam kepanitiaan Ad Hoc Paskah 2015, semoga Perayaan selama Pekan Suci dapat kita siapkan dengan baik  sebagai wujud prapaskah kita dan membawa semakin banyak umat untuk dapat merasakan “PASKAH” dalam arti yang mendalam. Selamat berkarya.(#..na )