Novena Ngrawoh IV ( Putaran V): “Jangan Takut, Sebab Aku Menyertai Kamu”

11223754_10205018492994255_5439644115129092924_n

Ngrawoh (LENTERA)  – Perayaan Ekaristi Novena IV putaran V, Kamis (14/6), bertepatan dengan perayaan Kenaikan Tuhan. Meskipun umat sudah mengikuti perayaan di Gereja Paroki dan wilayah pada harinya, perayaan Ekaristi novena malam itu tetap dihadiri oleh banyak umat, kira-kira 300 orang, tampak kursi yang berada di area taman doa terusi penuh. Hujan gerimis mengiringi awal perayaan Ekaristi yang dipimpin oleh RomoFX. Suyamta, Pr dengan petugas Ekaristi dipercayakan pada Wilayah Matias Masaran, Petugas Koor oleh kelompok koor St. Monica dengan tema: “Jangan Takut, Sebab Aku Menyertai Kamu. ‘

Mengawali kotbahnya, RomoFX. Suyamta, Pr mengatakan bahwa hidup manusia tidak mungkin lepas dari apa yang dinamakan persoalan dan permasalahan dan bahkan hampir setiap hari dengan tingkat yang berbeda. Ada nilai positif yang terkandung di dalam permasalahan dan persoalan yang hadapi dalam hidup yaitu mengalami kedewasaan dan yang paling penting perjumpaan dengan Allah.

Lebih lanjut, RomoSuyamta menunjukkan contoh pengalaman Paulus, seperti yang dari bacaan Kisah Para Rasul (Kis 18:9-18) yang awalnya tidak memiliki keyakinan untuk memasuki wilayah Korintus tetapi setelah mendapat penglihatan bahwa Allah akan menyertai dia maka ia pun akhirnya memasuki kota Korintus, mengajar dan memberi kesaksian di kota itu.

Romo Suyamta menegaskan bahwa permasalahan, cobaan, dan kondisi hidup yang berbeban berat seringkali menghantui perjalanan rohani seseorang dan tidak jarang orang menjadi takut, ragu, dan malah meninggalkan peran serta Allah. Yesus mengajarkan tentang kesetiaan dan ketabahan hati untuk menerima dan menjalani penderitaan dan rendah hati meanggul salib hingga akhir. Pada akhir kotbahnya RomoFX. Suyamta mengajak umat  untuk semakin mampu menaruh harapan akan karya Allah yang senantiasa hadir dalam segala bentuk penderitaan dan permasalahan. Harapan itu mendorong orang untuk mempunyai keyakinan, motivasi. RomoSuyamta berkata, “Yesus berkata : ‘Jangan takut, sebab Aku menyertai kamu,’ inilah harapan akan keyakinan iman yang ditawarkan oleh Kristus yang bangkit. Hal ini dibuktikan nyata oleh Kristus sendiri kepada murid-muridnya. Setelah kebangkitanNya, Yesus senantiasa menampakkan diri kepada murid-muridNya. Janji penyertaan Kristus pun secara implisit disampaikan Kristus dalam amanat perpisahannya (lih. Yoh 16:20-23), yaitu tidak akan ada dukacita yang dialami sekarang, yang akan merampas kegembiraan surgawi.”