Rekoleksi REKAT Sragen: “Kamu Sesuatu Banget Bagiku!”

Jpeg

Tawangmangu (LENTERA) – REKAT (Remaja Katolik) Sragen mengadakan Rekoleksi hari Jumat (26/06) – Minggu (28/06) bertempat di Gereja Santa Maria Tawangmangu. Tema yang dipilih dalam Rekoleksi kali ini adalah “Kamu Sesuatu Banget Bagiku!”. Rekoleksi diikuti oleh 77 orang, meliputi 50 siswa SD kelas 6 sampai SMP kelas 8, 9 orang panitia dan 18 fasilitator dari OMK.

Di hari pertama, peserta diajak bermain ‘Kuis Pendalaman Iman’. Fasilitator membacakan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan Gereja, Para Rasul, Kitab Suci hingga pertanyaan-pertanyaan yang bersifat umum. Peserta bertugas untuk menjawab pertanyaan tersebut dan yang menjawab salah tidak boleh melanjutkan kuis. Sementara yang menjawab benar wajib melanjutkan kuis hingga tersisa 3 peserta untuk diambil juaranya. Setelah selesai dilanjutkan sesi II yaitu pengolahan dalam kelompok dan dinamika ditutup dengan ibadat adorasi Ekaristi di gereja.

Di hari pertama ini peserta diajarkan untuk sadar akan potensi dan kelebihan diri. Di hari kedua peserta di ajak untuk berjalan-jalan keluar gereja untuk melakukan sesi III yaitu outbond. Peserta dibagi menjadi 8 kelompok dan diberangkatkan masing-masing 2 kelompok untuk bermain di 4 pos permainan besar dengan lokasi yang berbeda. Mulai dari pemukiman penduduk hingga ke pinggir sungai. Untuk menemukan pos permainan, peserta diberikan clue yang harus dipecahkan. Di masing-masing pos, 2 kelompok bermain secara kompetisi. Jadi tiap kelompok harus berusaha untuk mengalahkan kelompok lawan. Disini sangat dibutuhkan kerjasama dari tiap peserta agar kelompoknya menang kerjasama dari tiap peserta agar kelompoknya menang. Dan yang memenangkan permainan akan mendapatkan ‘hadiah’ yang berguna untuk pengolahan berikutnya.

Pada akhir sesi ini, tiap kelompok diminta untuk menampilkan pentas seni antara lain musikalisasi puisi, teater mini, gubah lagu, dan vocal group yang akan ditampilkan pada malam harinya. Disini juga sangat dibutuhkan ide-ide serta bakat dan talenta dari tiap peserta agar dapat menampilkan sajian yang terbaik. Di malam hari, fasilitator menyiapkan api unggun dan semua kelompok menampilkan apa yang telah mereka persiapkan. Setelah api unggun selesai, mereka melanjutkan pengolahan dalam kelompok dan dinamika hari kedua ditutup dengan doa dalam kelompok. Dihari kedua ini peserta diajak untuk menggunakan potensi diri demi kemajuan bersama.

Pada hari ketiga, dinamika di awali dengan mengikuti perayaan ekaristi bersama umat di Gereja Santa Maria Tawangmangu. Setelah ekaristi selesai, Frater mengajak peserta untuk menggunakan ‘hadiah’ dari pengolahan dihari kedua yang berupa potongan-potongan matras. Diberikan sebuah ilustrasi bahwa potongan matras tadi adalah kapal yang digunakan untuk menyeberangi sebuah sungai. Jadi bagaimana caranya setiap peserta dalam kelompok bisa sampai pada seberang laut tanpa terkecuali. Rekoleksi ditutup dengan acara puncak yaitu memilih formatur yang nantinya akan “meracik” kepengurusan REKAT selanjutnya.

Ada 5 formatur yang terpilih yaitu Martinus Elang (Sumengko), Setyadi Isbanu (Margo Asri), Christina Putri (Gumantar), Aldo Arya (Candi), Agatha Celia (Krapyak).Rangkaian acara telah selesai. Terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam mensukseskan Rekoleksi REKAT kali ini. “Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap, supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku, diberikan-Nya kepadamu.” (Yoh 15:16). (REKAT)