Melayani Sepenuh Hati

Salam Damai Kristus,

Menjelang hari-hari besar gereja, seperti Natal dan Paskah,umat Kmelayaniristiani khususnya orang katolik selalu mempersiapkan diri untuk mengadakan aksi nyata / kepedulian sosial dengan mengisi berbagai kegiatan positif yang diperuntukkan bagi sesama,baik seiman maupun tidak seiman.Bentuk kegiatan tersebut tentu saja bermacam macam,misalnya pembagian sembako, donor darah, bedah rumah, dsb. Namun diluar hari hari besar tersebut kita juga ikut terlibat, misalnya ketika hari raya umat muslim, umat katolik tergerak untuk berpartisipasi dan ambil bagian, seperti ikut serta dalam hal membantu keamanan, parkir dan sebagainya. Begitu juga ketika terjadi bencana alam, terjadi kekeringan, ternyata kita semua ikut terpanggil untuk peduli dan berbagi, misalnya memberikan sumbangan berupa air bersih, yang benar-benar sangat dibutuhkan oleh saudara-saudara kita, karena air adalah salah satu sumber kehidupan yang sangat vital dan sangat diperlukan setiap saat.

Sobat wanita yang berbahagia dan dikasihi Kristus, dalam ajaran agama kita,dan mungkin juga didalam kepercayaan lain jelas disebutkan ,bahwa apabila kita memberikan sesuatu dengan tangan kanan, sebaiknya jangan diketahui oleh tangan kiri kita. Nah, kira kira apa arti dari kata kata bijak tersebut ? Ibu ibu tentunya sudah bisa menangkap makna dan menterjemahkan maksudnya bukan ? Tuhan Yesus sendiri telah mengajarkan kepada kita tentang banyak hal. Banyak mujizat yang telah dibuatNYA ketika Yesus masih hidup, seperti menyembuhkan orang sakit, mengubah air menjadi anggur, mengusir setan, memberi makan lima ribu orang hanya dengan lima roti dan dua ikan saja, serta masih banyak lagi nubuat nubuat lain yang membuat orang orang tercengang dan takjub !

Dalam hal ini ternyata Yesus tidak mau menyombongkan diri, Dia tetap rendah hati, bersahaja dan tidak ingin semua yang dilakukanNYA itu diketahui dan dibesar besarkan oleh siapapun. Yesus hanya ingin agar kita semua percaya serta mengakui bahwa DIA benar -benar putra Allah, yang datang ke dunia untuk melayani,bukan untuk dilayani ! Yesus adalah satu satunya yang mampu bangkit dari kematian, demi menebus dosa seluruh umat manusia !. Maka melalui teladan Yesus tersebut, kita sebagai wanita dan ibu,apakah sudah benar benar mampu melakukan banyak hal dalam kehidupan sehari hari ? Apakah masing masing dari kita juga mempunyai kepekaan sosial untuk selalu ingin membantu sesama dengan sepenuh hati, tidak hanya setengah setengah, tanpa disuruh dan dipaksa oleh siapapun, tidak memiliki pamrih tertentu ,selalu membuka tangan untuk mereka yang kecil, lemah, miskin, tersingkir dan difabel ? Dan apakah kita juga tetap memiliki niat untuk melayani sesama, walaupun kadang kehidupan kita sendiri juga pas-pasan ? Jawabannya tentu ada didalam hati anda masing masing !

Sobat wanita yang berbahagia, melalui sedikit renungan tersebut, marilah kita satukan hati, saling menguatkan dan saling meneguhkan, agar kita selalu diberikan kekuatan oleh Tuhan dalam menjalani hidup ini, baik sebagai istri, ibu, nenek dan bagian dari anggota gereja serta bagian dari masyarakat luas. Mari kita tunjukkan jati diri kita sebagai orang katolik yang baik, yang senantiasa memiliki kasih dan kepedulian serta semangat berkorban untuk sesama dengan lebih banyak berbuat sesuatu, sesuai dengan kemampuan serta talenta yang kita miliki. Kita percaya bahwa Tuhan akan selalu memberkati setiap impian, doa, serta niat baik kita tersebut. Semoga!

 

V.Sri Murdowo