Pesta Santo Pelindung & HUT Lingkungan Plumbungan Indah

DSC_4851

Paroki Sragen (LENTERA) – Dalam rangka merayakan pesta santo pelindung dan ulang tahun lingkungan, umat Lingkungan Plumbungan Indah mengadakan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dalam beberapa hari. Kegiatan yang pertama adalah perayaan ekaristi syukur ulang tahun Lingkungan Plumbungan Indah. Perayaan ekaristii dilaksanakan Jumat (31/07) pada pukul 19.00 WIB bertempat di Rumah Keluarga Honorius Sri Hartoyo. Perayaan ekaristi dipimpin oleh Romo FX Suyamta Kirnasucitra, Pr. Dalam homili Romo Suyamta berpesan bahwa umat Lingkungan Plumbungan Indah harus meneladan semangat hidup santo Ignatius Loyola. Semasa hidupnya Santo Ignatius Loyola selalu melakukan segala pekerjaan dan karya pelayanan hanya demi kemuliaan nama Tuhan yang lebih besar.

Kegiatan yang kedua adalah kunjungan anak PIA/PIR Lingkungan Plumbungan Indah ke Seminari Tinggi Santo Paulus Kentungan dan Biara Suster ADM. Kunjungan ini dilaksanakan dalam rangka menanggapi tahun panggilan dan untuk mengenalkan serta meningkatkan pengetahuan tentang kehidupan membiara. Kegiatan dilaksanakan pada hari Minggu (02/08) dan diikuti 56 orang dengan peserta anak-anak PIA/PIR Lingkungan Plumbungan Indah beserta pendamping dan orang tua. Rombongan tiba di Biara Suster ADM pada pukul 11.00 WIB.

Acara diawali dengan perkenalan para suster yang dilanjutkan dengan berdoa bersama di kapel biara dan selanjutnya berkeliling di wilayah biara. Anak-anak diberikan pengenalan akan Kongregasi Amal Kasih Darah Mulia beserta berbagai macam bentuk karya pelayanannya. Setelah itu, anak-anak diajak bermain dan dihibur dengan atraksi joget boneka yang diperankan oleh para suster. Setelah selesai kegiatan di Biara Suster ADM, Rombongan melanjutkan kunjungannya je Seminari Tinggi Santo Paulus Kentungan. Sama halnya seperti di Biara Suster ADM, di Seminari Tinggi Santo Paulus anak-anak jugadikenalkan berbagai tempat dan diperkenalkan pula tentang kehidupan membiara di lingkungan Seminari Tinggi Tinggi Santo Paulus Kentungan. Kesan dari salah satu Pendamping PIA/PIR Lingkungan Plumbungan Indah bahwa dengan kegiatan dapat menumbuhkan benih panggilan yang ada dalam hati anak-anak dan menjadi tugas para pendamping serta orang tua untuk memelihara dan memupuk benih panggilan itu agar dapat tumbuh subur dan berbuah lebat.

Kegiatan yang terakhir adalah Ekaristi bersama antara umat Plumbungan Indah dengan umat Lingkungan Tawangsari. Perayaan ekaristii dilaksnakan pada tanggal 10 Agustus 2015 yang bertempat di rumah salah satu umat di Lingkungan Tawangsari. Ekaristi dimulai pada pukul 16.00 WIB dengan dipimpin oleh Romo Suyamta Kirnasucitra, Pr. Dalam homilinya Romo Suyamta berpesan agar dalam hidup hendaknya saling melayanii kepada sesama, melayani dengan tulus hati dan dalam rasa suka cita. Hati yang tulus hanya bisa diperoleh jika kita pandai bersyukur dalam keadaan apapun. Semoga dengan bertambahnya usia Lingkungan Plumbungan Indah bertambah pula kedewasaan iman umat Lingkungan Plumbungan Indah sehingga semakin menyediakan diri untuk aktif melibatkan dirinya dalam kegiatan-kegiatan di lingkungan dan Gereja Paroki Sragen. (PI)