Rekoleksi Orang Muda Katolik Sragen: “Not Me, But We”

DSC_0270

Jenawi (LENTERA) – Orang Muda Katolik (OMK) Paroki Sragen mengadakan Rekoleksi Kaum Muda untuk melaksanakan program kerja OMK dan untuk re-organisasi kepengurusan OMK yang baru periode 2015-2018. Rekoleksi dilaksanakan pada hari Sabtu – Minggu (29-30/08), mengambil tempat di Gereja Animasi Jenawi. Adapun peserta rekoleksi berjumlah kurang lebih 40 orang yang berasal dari kaum muda lingkungan/wilayah di Paroki Sragen.

Pada hari pertama dengan didampingi oleh Mas Leo dan Mas Dodi sebagai fasilitator. Peserta diajak untuk menceritakan pengalaman pribadi sebagai bentuk mukjizat yang diberikan oleh Allah kepada kita. Ternyata banyak pengalaman mukjizat yang diceritakan justru berawal dari pengalaman yang sederhana dan tidak terduga. Pada akhir sesi peserta diajak menonton film yang berjudul “Letter to God” yang menceritakan bagaimana seseorang dalam sukacita berjuang melawan sakit kanker yang dideritanya. Melalui film itu, kita diajak untuk senantiasa bersukacita, baik dalam keadaan yang buruk sekalipun. Karena tanda cinta Tuhan tidak hanya diwujudkan dalam hal yang baik dan indah tetapi juga terwujud dalam hal yang tidak enak sekalipun, misalnya sakit ataupun dalam keadaan yang terdesak. Dengan sakit itu sebenarnya Tuhan mewujudkan cintanya kepada kita sebagai umat pilihannya. Pada hari kedua, dengan didampingi Frater Yosep Didik Mardiyanto, kegiatan rekoleksi diawali dengan ibadat sabda. Setelah selesai ibadat peserta diajak kembali untuk menonton film. Film ini menceritakan tentang kediktatoran seorang guru terhadap muridnya yang memperjuangkan kebenaran suatu jawaban. Frater Didik memberikan perumpaan keadaan film tersebut dengan keadaan Yesus pada saat dahulu. Murid diumpamakan sebagai Yesus yang memperjuangkan kebenaran ditengah tengah ancaman. Kita sebagai murid Kristus yang dikasihi hendaknya berani memperjuangkan kebenaran walaupun dalam keadaan yang terdesak dan bahaya sekalipun.

Setelah sesi 2 selesai, peserta diajak untuk membuat follow up dari kegiatan rekoleksi ini dan dilanjutkan dengan pemilihan formatur untuk kepengurusan OMK yang baru. Setelah melalui pemungutan suara dihasilkan 6 formatur yang akan membentuk kepengurusan OMK periode 2015-2018, yaitu : Danan (Taman Sari), Gogo (Mojokulon), Aji (Taman Sari), David (Kedawung), Natalia (Kutorejo) Yudhi (Banyuning). Semoga OMK Sragen semakin bisa merangkul dan melayani kaum muda dan seluruh umat Paroki Sragen. Proficiat! (OMK).