Kemah Antar Umat Beragama : Mewujudkan Kerukunan Antar Umat Beragama Tugas Pemuda

fku

Kedawung (LENTERA) – Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas) Kabupaten Sragen bekerjasama dengan Forum Kerukunan antar Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Sragen mengadakan Kemah Antar Umat Beragama bertempat di lapangan Mojokerto, Kecamatan Kedawung, Sragen. Keseluruhan peserta yang hadir berjumlah 140 orang pemuda yaitu dari: Muhammadiyah, LDII, NU, dan MTA, OMK (Orang Muda Katolik), Kristen, Hindu dan Budha. Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari yakni Kamis (10/09) & Jumat (10/09)

Orang Muda Katolik Sragen mengirimkan perwakilan sebanyak tujuh orang. Acara dimulai pukul 09.00 WIB dengan upacara pembukaan yang dipimpin oleh Bapak Tatag Prabawanto, Sekretaris Daerah Kabupaten Sragen, yang mewakili kedatangan Bapak Bupati Sragen karena berhalangan hadir. Tema dari kemah tersebut adalah: “Mari Kita Ciptakan dan Tingkatkan Kerukunan Umat Beragama Secara Berkesinambungan Untuk Menciptakan Sragen yang Aman dan Kondusif.”

Pada sesi pertama diisi dengan seminar kebangsaan dengan tema ‘NKRI Harga Mati!’  yang diisi oleh personel Kodim. Pada sesi  sore hari acara diisi oleh personel Kwatir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Sragen yang mengajarkan tentang kedisiplinan dan kekompakan untuk menjadi pemuda yang tangguh. Dengan model penyampaian materi dalam bentuk out bound, Kwarcab menyampaikan tentang bagaimana menjadi pribadi yang jujur, kerjasama dan berprinsip. Pada malam harinya diadakan upacara dan api unggun dilanjutkan keakraban peserta kemah antara umat beragama dengan bernyanyi dan berjoget bersama.

Pada hari Jumat pagi diadakan olahraga pagi dilanjutkan kegiatan kerja bakti dengan warga sekitar Desa Mojokerto untuk membangun jalan setapak, setelah itu acara ditutup dengan apel yang dipimpin oleh Bapak Giyadi, Kepala Kesbangpolinmas Sragen, dengan pesan agar masyarakat Sragen khususnya pemuda harus saling toleransi antar umat beragama dan guyup rukun membangun Bumi Sukowati. (OMK)